Danlantamal XIII Tarakan Pimpin Sidang Pantukhir Calon Prajurit TNI AL

id Lantamal

Danlantamal XIII Tarakan Pimpin Sidang Pantukhir Calon Prajurit TNI AL

Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) XIII Laksamana Pertama TNI Deni Herman, memimpin sidang pemantauan terakhir (Pantukhir) Panitia Daerah Calon Prajurit TNI AL Gelombang 1 TA 2023 yang berlangsung di Ruang Serba Guna Mako Lantamal XIII, Kalimantan Utara, Senin (20/2). ANTARA/HO-Lantamal XIII Tarakan.

Tarakan (ANTARA) - Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) XIII Laksamana Pertama TNI Deni Herman, memimpin sidang pemantauan terakhir (Pantukhir) Panitia Daerah Calon Prajurit TNI AL Gelombang 1 TA. 2023 yang berlangsung di Ruang Serba Guna Mako Lantamal XIII, Tarakan Timur, Kalimantan Utara, Senin.

"Untuk mendapatkan calon prajurit yang berkualitas, tentunya harus melalui seleksi yang ketat baik secara administrasi, psikologi, kesehatan, mental ideologi dan kesegaran jasmani," kata Deni.

Dia mengatakan bahwa calon prajurit yang terpilih merupakan yang terbaik dan memiliki kriteria yang sudah ditetapkan sehingga nantinya bisa menjadi prajurit TNI Angkatan Laut yang tangguh, professional sebagai pengawal samudera dalam menjaga kedaulatan Negara Republik Indonesia.

Sidang Pantukhir Daerah merupakan tahap akhir dari seleksi yang telah dilaksanakan oleh jajaran Lantamal XIII selaku Panitia Daerah (Panda) penerimaan calon prajurit Gelombang 1 Tahun Anggaran 2023.

Sidang Patukhir Daerah ini diikuti oleh 63 calon prajurit yang terdiri dari 34 Calon Bintara (Caba) Pria, 18 Caba Wanita dan 11 Calon Tamtama (Cata).

Mereka yang berasal dari wilayah Lantamal XIII Tarakan dan Lanal jajarannya, yaitu Lanal Nunukan, Lanal Sangatta, Lanal Balikpapan, Lanal Banjarmasin dan Lanal Kotabaru.

Pada kesempatan ini,
Calon prajurit yang lulus di Panitia Daerah, nantinya akan melaksanakan seleksi lanjutan di tingkat pusat dan bagi yang lolos akan mengikuti pendidikan di Surabaya untuk Caba Wanita dan Caba Pria serta Tamtama akan melaksanakan pendidikan di Satdik II Makassar.
Baca juga: TNI AL berhasil evakuasi dua nelayan hanyut di perairan Pulau Bunyu