Polda Kaltara gelar rapat penanggulangan karhutla

id Polda

Polda Kaltara gelar rapat penanggulangan karhutla

Polda Kaltara gelar rapat penanggulangan karhutla   (Humas Polda)

Tanjung Selor (ANTARA) - Pada Hari Rabu 09 Agustus 2023 Polda Kaltara Melaksanakan Rapat Penganggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Kalimantan Utara Tahun 2023 di gendung EX Command Center Polda Kaltara.

Kegiatan ini di pimpin langsung oleh Kapolda Kalimantan Utara Irjen Pol Daniel Adityajaya,.S.H., S.I.K.,MS.i. yang di hadiri Para PJU Polda Kaltara dan Jajaran, Gubernur Kalimantan Utara, Komandan Korem092/Maharajalila, Kepala BPBD Prov.Kaltara, Kepala Dinas Kehutanan Prov.Kaltara, Kepala Badan Metereologi dan Geofisika, Kepala Satpol PP, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, dan Kepala Manggala Agni Kalimantan Utara.

Kebakaran Hutan dan Lahan (KARHUTLA) Suatu peristiwa terbakarnya hutan dan/atau lahan, baik secara alami maupun oleh perbuatan manusia, sehingga mengakibatkan kerusakan lingkungan yang menimbulkan kerugian ekologi, ekonomi, sosial budaya dan politik.

Prediksi musim kemarau yang terjadi di Prov. Kaltara ini Memicu kekeringan & minimnya curah hujan akan meningkatkan jumlah titik api, sehingga rawan menyebabkan terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan

Dan muncul nya Fenomena el nino diprakirakan meningkat mencapai kategori moderat sampai
Oktober 2023 dengan kecenderungan menurun menuju intensitas lemah pada November 2023
Memicu kekeringan & minimnya curah hujan akan meningkatkan jumlah titik api, sehingga rawan menyebabkan terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan.

“Perlunya upaya-upaya penanggulangan Karhutla yaitu tingkatkan sinergitas 3 Pilar ( Kades, Babinsa,dan Bhabinkamtibmas ), pemasangan spanduk yang berisikan ajakan,himbauan dan sanki pidana, dan melaksanakan kegiatan patroli terpadu guna mengantisipasi ancaman karhutla baik di sengaja atau kelalaian”. Ujar Kapolda Kaltara.

Baca juga: Ini kata warga terkait lintasan baru ujian praktik SIM C: Lebih mudah
Baca juga: Polda Kaltara Mengamankan Pemulangan Pekerja Migran Indonesia dari Malaysia
Baca juga: Kapolda: Tak ada polisi yang pijak tempat suci Mesjid Raya Sumbar kenakan sepatu
Baca juga: Uluran tangan Jenderal Sigit kepada mahasiswa korban jeratan kabel optik
Baca juga: Penyambutan Bintara dan Tamtama Remaja lulusan Diktuk 1 2023 di Polda Kaltara