Inovasi Busak PAUD Pantau Status Pertumbuhan Anak di Tana Tidung

id Tana Tidung

Inovasi Busak PAUD Pantau Status Pertumbuhan Anak di Tana Tidung

Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Tana Tidung, Kalimantan Utara Vamelia Ibrahim. ANTARA/Instagram/Vamelia Ibrahim.

Tarakan (ANTARA) - Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Tana Tidung, Kalimantan Utara Vamelia Ibrahim menyampaikan anak yang mengalami hambatan pertumbuhan perlu segera ditangani.

"Dari kondisi inilah saya meluncurkan inovasi Tumbuh Sehat, Aktif dan Kreatif (Busak) PAUD. Melalui Busak PAUD, diketahui status pertumbuhan anak di seluruh PAUD yang ada di Tana Tidung," kata Vamelia di Tana Tidung, Sabtu.

Jika merujuk pada hasil Survei Status Gizi Indonesia yang diselenggarakan Kemenkes RI, prevalensi stunting di Tana Tidung mencapai 30,7 persen.

Di masa usia dini, anak mengalami pertumbuhan yang pesat, masa usia dini juga kerap kali disebut dengan masa keemasan.

Namun tak jarang anak mengalami hambatan pertumbuhan hingga mengalami stunting atau atau kondisi gagal tumbuh pada balita (bayi di bawah lima tahun) akibat dari kekurangan gizi kronis.

Anak yang mengalami hambatan pertumbuhan, perlu segera ditindaklanjuti secara terpadu dan sistematis oleh pihak terkait.

Vamelia melanjutkan bahwa melalui Busak PAUD, tidak hanya pemenuhan kebutuhan kesehatan dan gizi tetapi juga administrasi kependudukan anak seperti KIA dan Akte Kelahiran.

Selain itu juga dimonitoring perkembangan kemampuan literasi dan numerasi.

Ia berharap seluruh anak di Tana Tidung tumbuh menjadi anak yang sehat, aktif dan kreatif.

Pokja Bunda PAUD di Tana Tidung juga melakukan gerakan minum susu dan makan telur serentak di seluruh PAUD.

Hal Ini dilakukan sebagai upaya memenuhi kebutuhan gizi anak. Gerakan Ini dilakukan setiap hari Jumat.

Gerakan ini dikawal Bunda PAUD mulai dari tingkat kabupaten hingga desa sebagai Bunda Asuh Anak Indonesia Sehat (BAAIS).
Baca juga: Pemkab Tana Tidung Sosialisasi S1nan Perda Berbasis JDIH
Baca juga: Pemkab Tana Tidung Mampu Percepat Pemulihan Pembelajaran