Bupati Tana Tidung Menyerahkan Surat Keputusan Calon Lahan Perkebunan Sawit

id Tana Tidung

Bupati Tana Tidung Menyerahkan Surat Keputusan Calon Lahan Perkebunan Sawit

Bupati Kabupaten Tana Tidung Ibrahim Ali menyerahkan secara simbolis surat keputusan Bupati Tana Tidung tentang Penetapan Calon Lahan dan Calon Petani Program Revitalisasi Perkebunan Sawit di Desa Manjelutung. ANTARA/Diskominfo Kabupaten Tana Tidung.

Tarakan (ANTARA) - Bupati Kabupaten Tana Tidung Ibrahim Ali menyerahkan secara simbolis surat keputusan Bupati Tana Tidung tentang Penetapan Calon Lahan dan Calon Petani Program Revitalisasi Perkebunan Sawit yang diserahkan langsung oleh Bupati Tana Tidung di Desa Menjelutung pada hari Kamis, (11/1).

"Bahwa di dalam Peraturan Menteri Pertanian Nomor 98 Tahun 2013 Tentang Pedoman Usaha Perkebunan, Pemerintah Berupaya Menjembatani Antara Masyarakat Yang Berada Di Sekitar Perkebunan Kelapa Sawit Dengan Perusahaan," kata Ibrahim Ali di Tana Tidung, Sabtu.

Hal tersebut diatur pada pasal 15, dimana perusahaan yang mengajukan Iup-B atau Iup berkewajiban memfasilitasi pembangunan kebun masyarakat sekitar dengan luasan kurang 20 persen dari luas areal Iup-B atau Iup.

Dan di dalam surat keputusan Bupati Tana Tidung, juga ditetapkan luas areal perkebunan plasma kelapa sawit yang bermitra dengan PT. Pipit Citra Perdana (PCP) di Desa Menjelutung yaitu seluas kurang lebih 482,35 hektare.

Adapun calon petani kelapa sawit yang telah ditetapkan tersebar di tiga RT Di Desa Menjeletung RT 1 terdapat 63 Kepala Keluarga (KK), RT 2 terdapat 86 KK, RT 3 terdapat 51 KK dan RT 4 sebanyak 35 KK.

Karena Itu, Diharapkan Dengan diterbitkannya surat keputusan Bupati Tana Tidung tersebut, masyarakat yang ada di sekitar dapat memanfaatkannya dan mengelola lahan yang telah tetapkan dengan sebaik mungkin.

"Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan meningkatkan perekonomian di Desa Manjelutung khususnya dan umumnya di Kabupaten Tana Tidung," kata Ibrahim.
Baca juga: Pertumbuhan ekonomi daerah termuda di Kaltara berkembang
Baca juga: Bupati Tana Tidung Membahas dan Evaluasi Rencana Anggaran Tahun Depan