Tahap III, Pelabuhan SDF Telan Rp 10 Miliar

id Pengembangan, Pelabuhan, SDF, Tahap III

REPRESENTATIF : Pengerjaan pengembangan Pelabuhan SDF Tarakan yang kini sudah memasuki tahap III. (humasprovkaltara)

Tanjung Selor (Antaranews Kaltara) - Pengembangan Pelabuhan Tengkayu I atau SDF di Kota Tarakan, kini telah memasuki tahap III. Pada tahapan ini, pekerjaan yang dilakukan, di antaranya yakni trestle atau pembesian pada jembatan penghubung ke dermaga. "Mulai dari pos keberangkatan hingga ke dermaga, dalam waktu dekat ini akan dicor," kata kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Taupan Madjid, baru-baru ini.

Ditargetkan, pembangunan tahap III akan tuntas pada akhir tahun ini. "Pengerjaan proyek harus dilakukan secara bertahap. Mengingat, perlunya penyesuaian dengan ketersediaan anggaran. Selain itu, Pelabuhan SDF juga merupakan pelabuhan aktif," papar Taupan.

Total anggaran yang dikucurkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Kaltara 2018 untuk pelaksanaan pengembangan Pelabuhan SDF tahap III ini, sekitar Rp 10 miliar. Di tahapan ini, secara menyeluruh, kegiatan yang dilakukan yakni pemancangan, pembangunan trestle atau jembatan dari keberangkatan hingga dermaga keberangakat, dan jalur pejalan kaki.

Untuk tahap I, pekerjaan yang dilakukan yakni penimbunan laut atau reklamasi sekitar 200 meter ke arah laut dengan lebar 76 meter. Adapun anggaran yang digunakan, sekitar Rp 20 miliar. Dan, di tahap II, pengadaan tiang pancang dengan anggaran sekitar Rp 19 miliar. "Jadi, total anggaran yang digunakan untuk pengembangan Pelabuhan SDF Tarakan ini, sekitar Rp 49 miliar," ulas Taupan.

Setelah tahap III tuntas dilaksanakan, maka proses pengembangan selanjutnya adalah pembangunan dermaga barang dan kedatangan penumpang dari sisi darat atau terminal penumpang. "Dermaga di depan (sisi darat) juga akan dibenahi. Mulai dari pelebaran tangga tempat kedatangan atau area penumpang. Tapi, kita menyesuaikan dengan kebijakan yang ada. Tapi, untuk bangunan terminalnya, rencananya akan dibangun 2 lantai," tutup Taupan.



Pewarta :
Editor: Firsta Susan Ferdiany
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar