Pelajar DKI di ujung negeri

id garuda sakti

Pelajar DKI di ujung negeri

foto bersama di Tugu Garuda Sakti (Mohamad Sodeli)

Sebatik (Antara) - Sebanyak 24 pelajar dari berbagai sekolah di DKI Jakarta dalam program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) sampai ke "ujung negeri" atau tepat di tepal batas, daerah berbatasan darat antara Indonesia dan Malaysia.

Dilaporkan di Sebatik, Jumat para siswa mengaku bangga, kagum sekaligus terharu karena merasakan suasana heroik saat berdiri di tepal batas saat sampai di pos Lintas Batas dan tugu Garuda Sakti.

Suasana heroik sangat terasa, bukan saja karena bertepatan dengan peringatan HUT RI 2018 tapi melihat langsung tugu "Garuda Perkasa" dan pos Lintas Batas di Sebatik, Nunukan, Kaltara.

"Program nyata untuk menumbuhkan cinta kebangsaan," kata H. Mohamad Sodeli, M. Pd dari SMAN 44 Jakarta.

Siswa dan pendamping foto bersama di Tugu Garuda Perkasa disela sela rangkaian program BUMN Hadir untuk negeri yang dilaksanakan Pupuk Indonesia di Kaltara.

Garuda Perkasa merupakan tugu perbatasan di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Pulau Sebatik sebuah pulau di sebelah timur laut Kalimantan Utara yang berbatasan langsung dengan Kota Tawau, Sabah, Malaysia dan termasuk Daerah Istimewa 3T (Tertinggal, Terluar dan Terdepan).

Pulau Sebatik terbelah menjadi dua zona teritorial dimana sebelah utara seluas 187,23 km persegi dimiliki oleh Malaysia yang masuk dalam wilayah Negara Bagian Sabah dan yang selatan seluas 246,61 km persegi yang dimiliki oleh Indonesia.