Dandim 0907/Tarakan Serahkan Bukti Pencapaian TMMD ke Wali Kota

id TMMD

Dandim 0907/Tarakan Serahkan Bukti Pencapaian TMMD ke Wali Kota

Komandan Kodim 0907/Tarakan, Letkol Inf Eko Antoni Chandra Lestianto menyerahkan bukti pencapaian program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 kepada Wali Kota Tarakan, Khairul di Tarakan, Rabu (21/10). Antara/Susylo Asmalyah

Tarakan (ANTARA) - Komandan Kodim 0907/Tarakan, Letkol Inf Eko Antoni Chandra Lestianto menyerahkan bukti pencapaian program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 kepada Wali Kota Tarakan, Khairul.

"Selama kegiatan TMMD ini, kita dapat menyaksikan semangat kebersamaan serta kegotongroyongan seluruh komponen masyarakat," kata Eko Antoni di Tarakan, Rabu.

Menurutnya semangat kebersamaan seperti inilah yang sebenarnya merupakan hakikat kemanggulan TNI/Polri dengan rakyat yang merupakan roh perjuangan bangsa dan akan terus dibangun serta pelihara.

Realisasi pembangunan fisik TMMD ke-109 di wilayah Kodim 0907/Tarakan telah di tutup. Awalnya yang akan menutup TMMD ini antara panglima TNI atau Kasad. Namun karena situasi pandemi sehingga penutupan TMMD dilakukan secara sederhana, namun terpenting penyerahan hasil harus 100 persen.

Dandim menjelaskan, TMMD ke-109 di wilayah kodam VI/Mulawarman program TMMD ini merupakan operasi bakti TNI dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Kegiatan ini dilaksanakan secara lintas sektoral dengan melibatkan unsur pemerintah daerah, kepolisan, instansi lain, dan masyarakat. Kemanunggalan ini aktualisasi peran TNI dalam mewujudkan seluruh potensi wilayah dan masyarakat sebagai pendorong kemajuan bangsa yang bermuara terbentuknya pertahanan yang kokoh.

"Panglima Kodam VI/Mulawarman mengapresisasi dan memberikan penghargaan kepada seluruh satgas TMMD di jajaran kodam VI Mulawarman yang telah mewujudkan pencapaian sasaran sesuai rencana dan waktu yang telah di tetapkan," kata Eko Antoni.

Sasaran pembangunan fisik telah mencapai 100 persen diantaranya pembangunan infrastruktur pedesaan, pembuatan jembatan, rehab rumah ibadah dan rumah tidak layak huni.

Kegiatan non fisik seperti penyuluhan kesehatan, hukum, dan kambtibmas dilaksanakan dengan segala upaya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

"Hari ini Program TMMD ke 109 secara resmi telah di tutup. Namun demikian kami tetap bertanggung jawab terhadap hasil yang telah tercapai ini. Kami tetap akan melaksanakan penyempurnaan agar jalan itu bisa benar-benar dilalui.

Ada beberapa program belum dilaksanakan seperti penyiringan dan agregatsisasi jalan yang menjadi perhatian. Insyaallah November minggu kedua bisa di selesaikan 100 persen.

"Untuk 100 persen yang diserahkan hari ini yaitu pembukaan jalan, pembangunan jembatan, dengan rehabilitasi rumah ibadah," katanya.

Kegiatan yang dilangsungkan di Makodim 0907 Tarakan ini sekaligus menutup TMMD tahun ini yang berlangsung sejak 22 September 2020.

Sementara itu, Wali Kota Tarakan, Khairul memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah terlibat dalam kegiatan TMMD tahun ini, mulai dari TNI, Polri, organisasi masyarakat, dan masyarakat yang telah menyukseskan TMMD.

Dikatakannya, bahwa pembangunan yang dilaksanakan dalam TMMD ini bermanfaat bagi masyarakat.

“TMMD ini juga sejalan dengan Visi dan Misi Kota Tarakan yang ada, yaitu Terwujudnya Tarakan Sebagai Kota Maju dan Sejahtera Melalui Smart City,” kata Khairul.
Baca juga: TMMD Babat Alas Sebagai Pemantik Perekonomian Masyarakat Mengapai Asa
Baca juga: Warga Berbondong-Bondong Datang Ke Lokasi TMMD