Puncak HAN 2021, Megawati: guru terbaik belajar dari alam

id Megawati,Kodok,Kupu-kupu,Hari anak nasional

Puncak HAN 2021, Megawati: guru terbaik belajar dari alam

Puncak HAN 2021, Megawati ajak anak belajar kembali ke alam

Jakarta (ANTARA) - Presiden RI ke-5 sekaligus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri mengajak anak-anak Indonesia belajar kembali dari alam.

Megawati mengajak anak-anak mencari pengetahuan dari mana saja, selain dari buku-buku dan penelusuran internet yang sering dilakukan anak di masa kini.

"Kita bisa melihat guru paling baik adalah alam semesta. Coba saja jalan-jalan kalau sudah selesai belajar, kita bisa bertemu capung, kodok, di taman," ujar Megawati pada puncakperingatan Hari Anak Nasional (HAN) 2021 secara daring di Jakarta, Jumat.

Megawati memberikan pekerjaan rumah kepada anak-anak untuk mencari tahu dari mana asalnya kodok dan kupu-kupu. Hal tersebut dapat mereka cari dari alam, serta penelusuran internet.

Menurut dia, anak-anak Indonesia seharusnya memiliki kesempatan yang sama untuk belajar dari alam mereka yang kaya pengetahuan.

Megawati juga memberikan pesan kepada anak-anak untuk lebih cinta Tanah Air, rajin belajar, dan saling bergotong royong.

Baca juga:Nadiem minta anak bersabar hadapi pembelajaran jarak jauh
Baca juga:Menteri PPPA motivasi anak Indonesia agar tak kalah dengan pandemi

Selain itu, agar anak-anak di seluruh Tanah Air dapat mempunyai cita-cita dan percaya diri yang besar. Dia berpesan agar anak dapat mempelajari hal-hal yang berguna bagi masa depan bangsa, dan bagi diri sendiri.

"Perkuatlah rasa percaya diri, karena bangga dengan jati diri dan kebudayaan bangsamu itulah yang akan juga mengangkat kamu menjadi seseorang yang berguna. Ayo rajin belajar, riang gembira, menari, menyanyi, dan saling berteman. Ingat Indonesia ini Bhinneka Tunggal Ika, ada Pancasila, alangkah indahnya kalau kita bergotong royong,” kata Megawati.

Tak lupa, Megawati juga berpesan kepada orang tua agar menjadi orang tua yang cerdas, dapat memenuhi gizi anak dengan baik agar tidak terjadi masalah stunting, atau tumbuh kerdil.

Dalam Puncak Peringatan HAN 2021 masyarakat diajak untuk menikmati dunia imajinasi, kreativitas, dan kecerdasan karya anak-anak Indonesia melalui persembahan karya lukis, puisi, musik, cerpen, dan komik oleh Forum Anak.

Selain berdialog dengan Forum Anak dan Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus (AMPK), Menteri PPPA Bintang Puspayoga bersama dengan anak-anak juga menyanyikan lagu Pancasila Rumah Kita dengan diiringi alat musik tradisional angklung oleh anak-anak binaan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Tangerang.

Baca juga:Reisa sampaikan edukasi hingga efikasi vaksin di Hari Anak Nasional
Baca juga:Anggota DPR: Perlu perhatikan anak kehilangan orangtua akibat COVID-19
Baca juga:Reisa: Kondisi 80 juta anak Indonesia tidak sedang baik-baik saja

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Arief Mujayatno

Pewarta :
Editor : Iskandar Zulkarnaen
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar