Tarakan Dapat Bantuan 40 Unit Oksigen Konsentrator

id oksigen

Tarakan Dapat Bantuan 40 Unit Oksigen Konsentrator

Komandan Kodim 0907/Tarakan, Letkol Inf Eko Antoni Chandra Lestianto saat kedatangan bantuan oksigenĀ  konsentrator di Lanud Anang Busra Tarakan, Kalimantan Utara, Rabu (4/8). ANTARA/HO - Kodim 0907/Tarakan.

Tarakan (ANTARA) - Sebanyak 40 unit oksigen konsentrator tiba di Tarakan, Kalimantan Utara untuk digunakan di rumah sakit yang menampung pasien terpapar COVID-19.

“Hari ini telah tiba sebanyak 40 Oksigen konsentrator di Lanud Anang Busra yang merupakan sumbangan dari negara untuk masyarakat Kalimantan Utara, khususnya Tarakan," kata Komandan Kodim 0907/Tarakan, Letkol Inf Eko Antoni Chandra Lestianto di Tarakan, Rabu.

Oksigen konsentrator rencananya
akan diserahkan langsung kepada Walikota Tarakan Khairul yang bersamaan dengan kunjungan kerja Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Oksigen Konsentrator sendiri merupakan alat yang dapat menyaring udara yang berada disekitar menjadi oksigen murni dengan kadar 90 hingga 95 persen dari yang awalnya 80 persen, sehingga alat ini sangat membantu pasien COVID-19 dengan tingkat saturasi rendah.

Dandim menambahkan bahwa Tarakan juga mendapatkan lima bantuan tenaga medis dari TNI yang baru saja selesai bertugas di Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta dan akan melanjutkan tugasnya di Tarakan.

“Alhamdullilah kita juga dapat bantuan nakes, mereka baru saja menyelesaikan tugasnya di Wisma Atlet dan sekarang akan mengabdi untuk warga Tarakan,” kata Eko Antoni.

Saat ini, kebutuhan akan oksigen pada pasien COVID-19 makin meningkat terlebih setelah varian Delta masuk ke Indonesia. Saat ini di Kaltara ditemukan delapan COVID Varian Delta B.1.617.2. di lima kabupaten/kota.

Salah satu yang banyak dibutuhkan saat ini adalah oksigen konsentrator yang bisa digunakan untuk meringankan penggunaan oksigen isi ulang kepada pasien yang terpapar COVID-19 dengan saturasi rendah.
Baca juga: Kapolri Luncurkan Bantuan 1.000 Oksigen Konsentrator
Baca juga: Pertamina EP Tarakan Siapkan Mobil Operasional Angkut Tabung Oksigen