PON Papua - Gubernur berharap kontingen Kaltara junjung sportivitas

id Pon

PON Papua - Gubernur berharap kontingen Kaltara junjung sportivitas

Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang. ANTARA/Susylo Asmalyah.

Tarakan (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang berharap kontingen asal Kaltara yang berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 di Papua tetap semangat berlatih untuk mengikuti 12 cabang olahraga.

"Perhelatan PON XX pada tahun ini digelar di Papua. Kaltara sendiri, rencananya akan menerjunkan 31 atlet dari lima kabupaten kota, untuk berlaga di 12 cabang olahraga (cabor)," kata kata Zainal di Tanjung Selor, Bulungan, Selasa.

"Tetap semangat dan terus berlatih, junjung sportivitas selama bertanding jika perlu raih medali emas sebanyak mungkin untuk mengharumkan nama Kaltara,” kata Zainal

Gubernur belum memastikan kehadirannya di pembukaan PON XX di Papua, lantaran usai Oktober mendatang banyak agenda nasional yang berlangsung di Kaltara. Belum lagi saat ini masih dalam kondisi Pandemi COVID-19, yang membatasi kegiatan bepergian masyarakat.

“Jadi banyak pertimbangan, saat ini masih dalam kondisi Covid-19, belum lagi rencana kunjungan kerja (kunker) Presiden," katanya.

"Jadi saya lihat kondisi dulu untuk hadir memberikan dukungan dan semangat, bagi atlet Kaltara yang berlaga di PON XX Papua," ujar gubernur.

Sedangkan target Kaltara pada PON ini, sesuai penjelasan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Kalimantan Utara menargetkan meraih enam medali emas.

"Kesempatan kita ada, untuk mendapat enam emas di cabor taekwondo, sepak takraw, menembak, panjat tebing, layar dan selam," kata Ketua KONI Kaltara Muhammad Nasir.

Dia juga memastikan bahwa semua atlet yang ikut pada PON XX dari Kaltara merupakan asli dari Kaltara, tidak membawa atlet dari daerah lain.

Baca juga: Tinjau Venue PON di Mimika, Kapolri Pastikan Pengamanan dan Prokes
Baca juga: KONI Kaltara Target Enam Emas Pada PON XX Papua