Kakorlantas Polri pastikan lalu lintas pada PON 2024 berjalan baik

id PON

Kakorlantas Polri pastikan lalu lintas pada PON 2024 berjalan baik

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan memberikan keterangan di Sumut Sport Center, Kabupaten Deli Serdang, Jumat (19/7/2024). (ANTARA/ M. Sahbainy Nasution)

Medan (ANTARA) - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan memastikan lalu lintas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang diselenggarakan pada 8-20 September 2024 berjalan dengan baik.

"Kami yakini sudah dibuat sketsa dan sebagainya untuk jalan masuk, keluar setiap venue, sudah mempertimbangkan dampak lingkungan ke lalu lintas, mudah-mudahan pelaksanaannya berjalan dengan baik," ujar Aan Suhanan di Sumut Sport Center, Kabupaten Deli Serdang, Jumat.

Dia melanjutkan kedatangan ke Sumut Sport Center ini, terutama stadion utama untuk mendapatkan presentasi dari pihak proyek yang digunakan dalam penutupan PON Aceh-Sumut ke 21 ini.

Lebih lanjut, Aan Suhanan mengatakan, progres pembangunan stadion utama di Sumut ini pada Minggu ke dua Agustus sudah selesai.

"Kami hanya menyoroti masalah analisa dampak lingkungan atau lalu lintas, kemudian rekayasa lalu lintas dan akses masuk sport center," kata dia.

Sehingga, kata Kakorlantas pada saat arena ini digunakan seperti atletik, bela diri, voli sudah dapat dilaksanakan pada ajang ini berjalan baik.

"Untuk itu, kami bersama pemangku kepentingan ikut serta memberikan masukan alur masuk kemacetan di dalam maupun di luar nanti," kata Aan Suhanan.

Dia menyatakan untuk pengawalan baik itu VVIP, VIP dan kontingen sudah ada standar operasional prosedur (SOP) yang diberlakukan dalam pengawalan agar tidak mendapatkan hambatan ke arena.

"Di stadion sendiri sudah ada SOP, baik dari jumlah personel karena melihat pengunjung arena termasuk adanya CCTV nantinya," kata dia.

Sedangkan untuk tambahan personel, kendaraan, peralatan dan lainnya, menurut jenderal bintang dua itu dalam ajang nasional ini sesuai kebutuhan lokal di wilayah tersebut.

"Itu dinamis, ada beberapa yang dikerahkan dari Mabes Polri dari Korlantas dan fungsi lain baik personel kendaraan taktis dan lainnya sudah diinventarisir," kata Aan Suhanan.

Adanya penambahan peralatan maupun personel dari Mabes Polri ini, menurutnya untuk memaksimalkan kegiatan multi cabang ini berjalan dengan baik.
Baca juga: Jaksa Agung siap kawal dan supervisi pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut
Baca juga: Kapolri Resmikan Komite Olahraga Polri, Wadah Para Polisi Atlet