Enam pelajar Nunukan wakili Kaltara seleksi nasional KSON

id seleksi nasional, enam atlit Nunukan, lolos ,pencak silat, karate

Enam pelajar Nunukan wakili Kaltara seleksi nasional KSON

Bupati Nunukan

Nunukan (ANTARA) - Sedikitnya enam pelajar asal Kabupaten Nunukan mewakili Provinsi Kaltara untuk seleksi tingkat nasional pada Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KSON) 2021.

"Hal itu berdasarkan SK Kepala Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 1974/J3/DM.01.03/2021 tertanggal 13 September 2021," kata
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Nunukan H Junaedi di Nunukan, Rabu.

Junaedi didampingi Kepala Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Syahruddin menjelaskan pada seleksi KSON tingkat Provinsi Kaltara, Kabupaten Nunukan mengutus 17 atlet untuk dua cabang olahraga (cabor) yakni pencak silat dan karate.

Ke-17 atlet tersebut masing-masing cabor penca silat kategori SD sebanyak empat orang dan kategori SMP/sederajat sebanyak enam orang.

Lalu, cabor karate mengutus tujuh atlet masing-masing kategori SD sederajat sebanyak tiga orang dan kategori SMP/sederajat sebanyak empat orang.

Namun hasilnya ada enam atlet dari daerah itu yang lolos untuk mengikuti seleksi tingkat nasional, yaitu Kazuya Aqilah Ryun (SDN 002 Nunukan), Kashi Aqilah Ryun (SDN 002 Nunukan) dan Nurnabila SMPN 1 Nunukan. Ketiganya untuk cabang olahraga karate.

Kemudian tiga atlet lainnya untuk pencak silat masing-masing Feby Arisyah (MTs Assadiyah Sei Nyamuk), Unisah Umar dari SDN 001 Sebatik Timur dan Muh Fahri Al Hadi dari SDN 003 Sebatik Timur.

Syahruddin mengungkapkan seleksi dilakukan secara daring dengan menggunggah video setiap peserta untuk dinilai oleh tim seleksi nasional.

Untuk itu pada seleksi tingkat nasional juga secara daring ini, video atlet akan diunggah 14-18 September 2021 dan penilaiannya akan dilakukan oleh tim seleksi nasional pada 20-26 September 2021.

Ia menambahkan, seleksi tingkat nasional akan menentukan juara nasional.

"Pada seleksi tingkat Provinsi Kaltara dan tingkat nasional ini melalui daring dengan mengunggah videonya. Kedua cabang olahraga hanya untuk jurus pada pencak silat dan gaya kata pada cabor karate," terang dia.

Baca juga: PON Papua - Gubernur Berharap Kontingen Kaltara Junjung Sportivitas
Baca juga: Gubernur Kaltara Ingatkan KONI Bahas Strategi Pemenangan PON XX Papua