Pemprov Kaltara Berangkatkan 31 Atlet ke PON XX Papua

id Pemprov

Pemprov Kaltara Berangkatkan 31 Atlet ke PON XX Papua

Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang melepas kontingen Kaltara dengan 31 atlet yang akan bertanding dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX Papua di Tanjung Selor, Bulungan, Senin (27/9). ANTARA/HO - Dinas KISP Pemprov Kaltara.

Tarakan (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang melepas kontingen Kaltara dengan 31 atlet yang akan bertanding dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX di Papua.

“Saat ini sudah sekitar 85 persen personil kontingen cabor kontingen Kaltara sudah berada di Papua dan 15 persen sedang dalam perjalanan transit di Makassar,” kata Ketua Umum KONI Provinsi Kaltara Muhammad Nasir di Tanjung Selor, Bulungan, Senin.

Komandan Kontingen atau CdM (Chief de Mission) yang memimpin atlet Kaltara menuju PON XX yang sekaligus merangkap CdM Cluster Kota Jayapura yaitu Brigjen TNI Andi Sulaiman yang sehari - hari sebagai Kabinda Kaltara.

Sedangkan total jumlah orang dalam kontingen Kaltara berjumlah 140 orang, dengan jumlah atlet yang ikut bertanding berjumlah 31 orang yang tersebar di 12 cabang olahraga.

Nasir menyampaikan bahwa peluang Kaltara untuk meraih emas sebanyak enam medali emas.

"Jumlah ini berdasarkan perhitungan dari hasil pra-PON, raihan atlet pada kejuaraan event sebelumnya, dan konsistensi atlet pada kejuaraan event sebelumnya," katanya.

Guna mewujudkan target tersebut, KONI Kaltara bersama cabang olahraga yang lolos masuk ke pertandingan PON berupaya meningkatkan kemampuan dan prestasi atlet melalui pemusatan latihan daerah atau Pelatda.

Sebelum keputusan penundaan PON diumumkan, para atlet telah melakukan pelatda dalam bentuk training center (TC) desentralisasi selama tiga bulan dan dilakukan juga TC mandiri karena kondisi pandemi.

“Tahun 2021 dilakukan pelatda sejak Maret hingga Mei, TC desentralisasi dari bulan Juni sampai September. Pada pelatda ini termasuk try out untuk mengukur peningkatan kemampuan tanding atlit dan sebagai evaluasi,” kata Nasir.

Mengingat tingginya persaingan dari daerah lain, ia berpesan kepada ketua kontingen Kaltara untuk siap bekerja memfasilitasi para atlet dan para pelatih agar dapat maksimal saat pertandingan nanti.
Baca juga: RSUK Tarakan Raih Juara Dua Pelayanan Keluarga Berencana