Kopi Robusta Super Asal Malinau Punya Rasa Menarik

id Pemprov

Kopi Robusta Super Asal Malinau Punya Rasa Menarik

Salah seorang juri ‘Kaltara Menyeduh’ yang sekaligus coffee enthusiast Indonesia, Tatik Rahmawati. ANTARA/HO - Dinas KISP Provinsi Kaltara.

Tarakan (ANTARA) - Siapa sangka tanah Kalimantan Utara (Kaltara) mampu menghasilkan biji kopi berkualitas. Tanaman yang biasanya dijumpai di dataran tinggi, dapat kita jumpai dan rasakan kualitasnya di Bumi Benuanta.

Seperti pada acara ‘Kaltara Menyeduh’ yang digagas Dinas Pariwisata bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI) belum lama ini. Menggunakan biji kopi robusta super hasil pertanian kopi lokal dari Kabupaten Malinau.

"Kopi itu tumbuhan yang unik. Karena setiap daerah punya ciri khas dan potensi tersendiri," kata Salah seorang juri ‘Kaltara Menyeduh’ yang sekaligus coffee enthusiast Indonesia, Tatik Rahmawati di Tanjung Selor, Bulungan, Sabtu.

Seperti yang ia ketahui bahwa Kaltara atau daerah lainnya di Kalimantan bukan daerah pegunungan. Tapi ia takjub di Kaltara bisa memproduksi biji kopi yang luar biasa.

Pada umumnya memang kopi robusta itu terkenal dengan cita rasa yang pahit, tapi Tatik merasakan sensasi yang berbeda ketika mencicip kopi Malinau.

“Jadi dia (kopi robusta super, red) mempunyai tingkat sweetness yang tinggi, kalau lidah biasa mungkin merasakan pahit tapi ketika kita bolak-balik nyicip saya mendapatkan sensasi rasa karamel, coklat, sensasi pandan, sama ada sensasi manis buah semangka,” tambahnya

Perempuan yang sudah beberapa kali ke Kaltara ini berharap agar Kopi Kaltara menjadi tuan rumah di tanahnya sendiri. Sudah seharusnya masyarakat lokal bangga dengan produksi kopi sendiri.

“Sehingga ketika orang ingin mencicip kopi ini, datanglah ke Kaltara,” jelasnya.
Baca juga: Industri Kaltara Tunjukan Perkembangan yang Positif
Baca juga: Gubernur Kaltara Tindaklanjuti Sertifikasi Lahan Tambak

Pewarta :
Editor : Susylo Asmalyah
COPYRIGHT © ANTARA 2021