BMKG imbau waspadai hujan lebat disertai petir di Kaltara

id BMKG,Peringatan Dini Cuaca, Cuaca, Kaltara

BMKG imbau waspadai hujan lebat disertai petir di Kaltara

Diprakirakan cuaca di Bulungan terjadi hujan lebat dan petir dua hari ke depan. Langit Bulungan masih tampak cerah di kota tua Kampung Arab Jalan Ahmad Yani Tanjung Selor, Bulungan, Kaltara. (Muh. Arfan)

Tanjung Selor (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Tanjung Harapan Tanjung Selor Bulungan mengimbau masyarakat waspadai hujan lebat disertai petir pada tiga kabupaten di Kalimantan Utara dua hari ke depan.

“Waspadai potensi hujan lebat di Kabupaten Bulungan, Kabupaten Malinau, dan Kabupaten Tana Tidung hingga Selasa (28/3/2023),” kata Prakirawan BMKG Tanjung Selor Ida Bagus Gede di Tanjung Selor, Minggu.

Hujan lebat di Bulungan diperkirakan turun pada malam hari sekitar 23.00 Witadi daerah Kecamatan Tanjung Palas Utara, Kecamatan Tanjung Palas Barat, Kecamatan Tanjung Palas Tengah, Kecamatan Tanjung Palas Timur dan Kecamatan Sekatak.

Sedang di Kabupaten Malinau potensi hujan deras terjadi di Kecamatan Sungai Boh, Kecamatan Kayan Hilir, Kecamatan Pujungan, dan Kecamatan Bahau Hulu sekitar 20.00 Wita.

Adapun di Kabupaten Tana Tidung, potensi hujan lebat mengguyur Kecamatan Muruk Rian, Kecamatan Betayau, Kecamatan Tana Lia, Kecamatan Sesayap, dan Kecamatan Sesayap Hilir diperkirakan 22.00 Wita

"Untuk prakiraan cuaca jalur transportasi trans Kalimantan, jalur Tanjung Selor cenderung cerah berawan pada siang hingga malam dan akan hujan ringan pada dini hari," katanya.

Waspadai hujan malam hari di jalur Tanjung Palas, Panca Agung, Sekatak Buji (Bulungan). termasuk di Kecamatan Betayau, Kabupaten Tana Tidung.

Adapun jalur transportasi darat di jalur Kabupaten Nunukan cenderung cerah berawan dari pagi hingga petang dan akan hujan ringan pada malam hari seperti daerah Mensalong, Pembeliangan, dan Salang.

BMKG juga memperkirakan tinggi gelombang di perairan Kalimantan Utara cenderung turun, antara 0,5 meter sampai 1,25 meter dengan arah angin dari Barat Laut ke Timur Laut berkecepatan dua sampai 10 knots.

Perairan terdekat Kalimantan Utara yaitu perairan Sulawesi Bagian Barat, angin akan bertiup dari arah Barat Daya ke Barat Laut dengan kecepatan empat sampai 15 knots dengan tinggi gelombang 0,5 meter hingga 1,25 meter.