BMKG ingatkan waspadai hujan lebat di Bulungan dan Malinau besok

id BMKG, cuaca, Kaltara

BMKG ingatkan waspadai hujan lebat di Bulungan dan Malinau besok

Ilustrasi - Gumpalan awal menyelimuti kawasan delta Kayan di kawasan pesisir Kabupaten Bulungan dipotret dari ketinggian. (ANTARA/Muh. Arfan)

Tanjung Selor (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BKMG) Stasiun Tanjung Harapan, Tanjung Selor, meminta masyarakat waspadai hujan lebat disertai petir di Bulungan dan Malinau.

"Peringatan ini berlaku Senin (22/5/2023) besok," kata Prakirawan BMKG Tanjung Harapan, Muhammad Hermansyah di Tanjung Selor, Ahad.

Wilayah Kabupaten Bulungan yang akan dilanda hujan lebat disertai petir adalah Kecamatan Bunyu. Sedangkan di Kabupaten Malinau mencakup wilayah Kayan Hilir, Kayan Hulu, Kayan Selatan, Sungai Boh.

Potensi serupa diprediksi terjadi di Kecamatan Betayau dan Muruk Rian Kabupaten Tana Tidung.

Hujan lebat di daerah-daerah diprediksi turun sejak pukul 08.00 dan malam hari.

BMKG juga menyampaikan kepada pengguna jalur transportasi darat di Kalimantan Utara agar mewaspadai kondisi cuaca hujan lebat di daerah Sekatak Buji (Bulungan) serta Pembeliangan dan Mensalong (Kabupaten Nunukan).

Jalur Panca Agung, Malinau Kota, hingga Salang diprediksi hujan ringan pada siang hingga dinihari.

"Hati-hati diperjalanan dan pastikan kondisi cuaca aman untuk keselamatan anda dalam berkendara," ujarnya.

Potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang berpotensi pada malam dan dini hari di wilayah Lumbis, Lumbis Ogong, dan Tulin Onsoi (Nunukan). Kemudian Sesayap (Tana Tidung), Malinau Kota (Malinau).*