Tarakan (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kaltara sudah mulai melaksanakan sesi seleksi wawancara Pemagangan Dalam Negeri.

“Kemarin kuota yang kita buka hanya 171 dibagi dengan 3 kabupaten/kota sedangkan yang mendaftar sudah mencapai 1.600 lebih," kata Kepala Seksi Pelatihan dan Produktivitas, Disnakertrans Kaltara Jusman di Tanjung Selor, Bulungan, Jumat.

Puluhan peserta pencari kerja tampak memadati dan menunggu panggilan sesi wawancara bertempat di kantor Disnakertrans Kaltara, lantai 2 Gedung Gadis Pemprov Kaltara, Jumat (31/5). 

Jusman mengatakan telah memulai seleksi wawancara tanggal 30 – 31 Mei 2024 yang dilaksanakan serentak di tiga kabupaten/kota  yakni  Tanjung Selor, Kabupaten Tana Tidung dan Kota Tarakan. 

Data Disnakertrans Kaltara menyebut jumlah pendaftar Program Pemagangan Dalam Negeri sebanyak 1.636 pelamar.

Dengan rincian Kota Tarakan ada 1.242 pelamar, Kabupaten Tana Tidung 23 pelamar dan Tanjung Selor 371 pelamar. 

Pemagangan dalam negeri tahun 2024 ramai karena melibatkan 20 perusahaan dan instansi badan usaha dari berbagai lini sektor perhotelan, pertambangan, perkayuan dan industri lainnya, seperti PT. Pesona Khatulistiwa Nusantara (PKN) menjadi favorit pelamar. 
 
“Ada satu perusahaan di Tarakan yang pendaftarnya mencapai 300 lebih, kalau yang disini itu PKN itu 380 orang pelamar," katanya. 

Dia mengungkapkan bahwa dalam sesi wawancara tersebut bukan dilakukan oleh pihak Disnakertrans tapi langsung oleh pihak perusahaan yang mencari pemagang, yang bertujuan agar dapat menemukan calon pekerja yang sesuai kriteria perusahaan. 

“Kami berikan kesempatan kepada perusahaan untuk melakukan sesi wawancara langsung kepada calon pemagang," jelasnya. 

Para pencari kerja yang lolos dalam program ini hasilnya akan diumumkan pada 4 Juni mendatang. Kemudian akan mulai magang pada 11 Juni mendatang selama 5 bulan di perusahaan atau instansi pemberi magang. 

Jusman berpesan kepada para peserta magang yang lolos agar bersungguh – sungguh dalam menimba ilmu dan memberikan yang terbaik agar kedepannya bisa ditarik oleh perusahaan menjadi pegawai tetap. 

“Mudah – mudahan dari situ banyak pemagang yang bisa mendapat pekerjaan, ketika ada perusahaan yang buka, mereka akan minta kita untuk mengumumkannya lewat website resmi kita,” katanya. 

Bagi para pendaftar pemagangan dalam negeri bisa mendapatkan berbagai informasi dengan membuka situs website yaitu siapkerja.kemnaker.go.id, ayomagangvokasi.id, dan disnakertrans.kaltaraprov.go.id.
Baca juga: Kaltara persiapkan rangkaian seleksi komisioner KPID Kalimantan Utara
Baca juga: PLTA Kayan akan menyuplai listrik hijau ke IKN
 

Pewarta : Redaksi
Editor : Susylo Asmalyah
Copyright © ANTARA 2024