Tarakan (ANTARA) - Perumusan dokumen Rencana Penanggulangan Kemiskinan  Daerah (RPKD) menjadi cetak biru (blue print) penanggulangan kemiskinan di Kalimantan Utara (Kaltara).

"Upaya penanggulangan kemiskinan di Provinsi Kalimantan Utara memerlukan Langkah strategis yang sistematis, komprehensif dan terukur," kata
Staf Ahli bidang Hukum, Kesatuan Bangsa dan Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Kaltara, Robby Yuridi Hatman di Tanjung Selor, Bulungan, Kamis.

Dia mengatakan agar target penanggulangan kemiskinan tersebut dapat tercapai dengan baik dan berkelanjutan, maka dibutuhkan peran serta dan sinergi dari seluruh elemen masyarakat.

“Perumusan dokumen RPKD Provinsi Kalimantan Utara Periode 2025-2029 ini menjadi sangat strategis dan penting dalam mewujudkan upaya penanggulangan kemiskinan yang lebih sistematis, komprehensif dan terukur,” kata Robby.

Pada 20 Juni 2024 lalu, dalam acara peluncuran sistem data Regsosek untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara diwakili Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltara Suriansyah secara resmi menerima hak akses pemanfaatan Sepakat Regsosek.

Ia menyebutkan kehadiran data Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) dan data analisa makro melalui aplikasi Sepakat yang dikembangkan oleh Kementerian PPN/Bappenas akan bermanfaat dalam meningkatkan kualitas RPKD Periode 2025-2029 yang akan disusun dua hari kedepan.

“RPKD ini nantinya akan memuat analisis akar masalah kemiskinan beserta rencana aksi yang akan kita implementasikan bersama untuk penanggulangan kemiskinan di provinsi Kaltara,” katanya.

Robby juga menyampaikan terima kasih kepada program SKALA, merupakan program kemitraan pemerintah Indonesia dengan Australia yang memberikan dukungan kepada pemprov Kaltara khususnya dalam pemanfaatan Data Sepakat Regsosek untuk perumusan RPKD.

“Dokumen RPKD ini, diharapkan menjadi pedoman bagi seluruh pemangku kepentingan untuk mengoptimalkan pencapaian target penanggulangan kemiskinan di Kaltara hingga akhir tahun 2029,” katanya.
Baca juga: Pjs Gubernur Kaltara ingatkan ketersediaan logistik Pilkada
Baca juga: Pj Gubernur Kaltara Berharap Peningkatan Kapasitas Pelaku Jasa Konstruksi

Pewarta : Redaksi
Editor : Susylo Asmalyah
Copyright © ANTARA 2024