100 Tagana Kaltara Berangkat ke Balikpapan--Ikuti Jambore dan Bakti Sosial

id ,

100 Tagana Kaltara Berangkat ke Balikpapan--Ikuti Jambore dan Bakti Sosial

RESMI DIBERANGKATKAN : Asisten Bidang Pemerintah dan Kesra, Zainuddin HZ melepas anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) di Halaman Kantor Gubernur Kaltara, Selasa (13/9). (dok humas)

Tanjung Selor (Antara News Kaltara) - Sebanyak 100 anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kaltara, resmi dilepas oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kalimantan Utara (Kaltara) Zainuddin HZ. Bertempat di Halaman Kantor Gubernur Kaltara, Zainuddin berharap kepada seluruh anggota Tagana Kaltara agar dapat memberikan inspirasi bagi generasi muda Kaltara untuk memiliki dan meningkatkan jiwa sosial mereka.

“Jangan pernah lupa hakikat dan niat dasar rekan – rekan yang tergabung dalam anggota Tagana yang bertujuan untuk mendayagunakan generasi muda dalam penanggulangan bencana baik prabencana, tanggap darurat dan pasca bencana,”kata Zainuddin Selasa (13/9).

Zainuddin juga berharap kepada peserta yang mengikuti bhakti sosial dan jambore Tagana ini bukan hanya keramaiannya saja. Akan tetapi dapat menjadi pelajaran dan pengalaman yang akan dilakukan setelah mengikuti kegiatan tersebut.

“Kami berharap yang menjadi fokus utama dari keikutsertaan kita, kedepannya langkah dan aksi nyata yang dilakukan tagana selalu siap melayani masyarakat dengan sigap, sehingga masyarakat terlayani dengan baik, khususnya saat terjadi bencana maupun saat digelar kegiatan bakti sosial,”tuturnya.

Peserta Bhakti Sosial dan Jambore Tagana Kaltara Zainuddin menyebutkan akan diberangkatkan ke Kota Balikpapan selama empat hari mulai dari tanggal 15 sampai dengan 18 September 2016.

“11 orang berasal dari Tagana provinsi Kaltara, 17 orang berasal dari forum koordinasi targana Kaltara, 46 berasal dari tagana kabupaten bulungan, dan 26 orang berasal dari Tagana kota Tarakan. Acara tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan persaudaraan dan solidaritas antar Tagana di seluruh Indonesia,”jelas Zainuddin.

Selain itu juga Zainuddin mengatakan rekan – rekan tagana yang berpartisipasi pada jambore nasional agar dapat menjadi wakil terbaik daerah dan mengajak bersama untuk membentuk mental dan meningkatkan rasa cinta tanah air dan daerah.

“Selamat mengikuti bhakti sosial dan jambore tagana 2016, semoga sukses dan berjalan lancar dan yang pasti saat kembali nanti dapat lebih berkomitmen dalam membantu pemerintah menghadapi masalah sosial dan bencana di Kaltara, semoga memberikan sumbangsih nyata kepada masyarakat atas tanggung jawab yang telah dipercayakan,”tuntasnya.