Legislator : Pancasila warisan dunia yang mempersatukan

id pancasila

Legislator : Pancasila warisan dunia yang mempersatukan

Anggota DPR RI daerah pemilihan Kalimantan Utara, Dedy Sitorus bersama istri. Istimewa

Tarakan (ANTARA) - Anggota DPR RI daerah pemilihan Kalimantan Utara, Dedy Sitorus mengatakan Pancasila adalah warisan dunia yang mempersatukan suku - suku di Nusantara.

"Pancasila ada warisan dunia yang digali dari Nusantara dan sudah teruji yang mempersatukan," kata anggota DPR RI dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) daerah pemilihan Kalimantan Utara (Kaltara) saat dihubungi dari Tarakan, Selasa.

Terkait dengan hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada 1 Oktober, dia mengatakan jangan hanya sebagai seremonial tapi harus menjadi substansi.

"Harapan saya kesadaran kembali dari para kaum terdidik, pejabat dan masyarakat, jadikan Pancasila sebagai pemersatu," katanya.

Dedy menambahkan terkait dengan kondisi di Kaltara yang saat ini akan menjadi penyanggah Ibu Kota Negara (IKN) baru dapat dijadikan rujukan karena kondisi wilayahnya aman.

"Kaltara semua suku, semua ras ada, dapat menjadi rujukan karena jarang atau tidak ada konflik," katanya.

Dedi mengatakan baru dilantiknya dia menjadi anggota DPR RI di Gedung DPR, Jakarta Pusat, Selasa akan terus mendorong kemajuan wilayah Kaltara.

"Apalagi dengan Kaltim akan jadi ibu kota negara, akan mempercepat pembangunan infrastruktur di wilayah Kaltara," katanya.
Baca juga: Ajak Seluruh Komponen Masyarakat Jaga Nilai Pancasila
Baca juga: Majukan Indonesia, Kedepankan Pancasila