Bawaslu Kaltara gelar Internalisasi Nilai Pancasila, tekankan integritas pengawas Pilkada

id Bawaslu

Bawaslu Kaltara gelar Internalisasi Nilai Pancasila, tekankan integritas pengawas Pilkada

Bawaslu Kaltara gelar Internalisasi Nilai Pancasila, tekankan integritas pengawas Pilkada (Cica Andriyani/ANTARA Kaltara)

Tarakan (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Utara melakukan kegiatan Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Jajaran Bawaslu Se-Provinsi Kalimantan Utara pada Selasa (24/9).

Kegiatan ini bertujuan untuk agar setiap jajaran Bawaslu yang ada lingkup kabupaten/kota maupun Provinsi Kaltara dapat meningkatkan sifat integritas dalam menjalankan tugasnya yang tercantum pada nilai-nilai Pancasila.

“Kegiatan ini adalah salah satu bentuk untuk mewujudkan integritas jadi pengawas Pemilu itu nafasnya adalah integritas dalam melakukan kerja-kerja pengawasan”, kata Yakobus Marlyantor Iskandar sebagai Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia (SDM), Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan Bawaslu Provinsi Kalimantan Utara.

Dari kegiatan ini diharapkan dapat di implementasikan oleh setiap jajaran Bawaslu yang ada di lima kabupaten/kota di Kaltara kepada Panita Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa (PKD) terkait dengan integritas pengawas Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

“Tiap Kabupaten/Kota akan menyisipkan kegiatan-kegiatan untuk Panwascam ataupun PKD bahwa dalam bekerja itu nilai-nilai Pancasila itu harus di aplikasikan karena di Bawaslu itu harus adil”, katanya.

Dijelaskan bahwa contoh konkret terkait dengan integritas Bawaslu ialah jika terdapat laporan dari partai politik (parpol) pengusul pasangan calon harus disikapi dengan perlakuan yang sama dan adil.

“Tidak boleh hanya karena adanya perbedaan agama, suku atau parpol tertentu karena itu akan memunculkan keberpihakan antara salah satu pasangan calon (paslon)”, ujarnya.

Baca juga: Bawaslu Kaltara lakukan pengawasan pendaftaran bapaslon kepala daerah di KPU
Baca juga: Bawaslu Kaltara buka pendaftaran 1.363 Pengawas TPS, ini syaratnya
Baca juga: Bawaslu sebut pendaftaran Pilkada Kaltara sudah adil bagi semua paslon

Bawaslu Kaltara gelar Internalisasi Nilai Pancasila, tekankan integritas pengawas Pilkada (Cica Andriyani/ANTARA Kaltara)


Kegiatan Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila ini diikuti peserta dari jajaran Bawaslu yang ada di lima kabupaten/kotab dengan narasumber Prof. Dr. Yahya Ahmad Zein dari Dosen Fakultas Hukum Universitas Borneo Tarakan.

“Saat ini juga sedang berlangsung tahapan Pilkada dengan agenda yang sangat padat, kemarin sudah pengundian nomor urut, pengawasan logistik juga sedang berjalan dan PTPS juga sudah kami rekrut sehingga dihimbau juga menjadi kesehatan”, kata Yakobus.

Baca juga: Hadiri Rakor Penguatan Kelembagaan di Kaltara, Lolly Suhenty ingatkan bahwa integritas wajah lembaga
Baca juga: Bawaslu apel siaga pengawasan partisifatif di perbatasan, ajak warga awasi Pilkada
Baca juga: Bimtek Bawaslu Kaltara-UGM, agar Panwascam mampu tangani sengketa proses antarpeserta pemilihan