Dua Sekolah di Kaltara Juara III Nasional

id Sekolah, Kaltara, Juara, Nasional

Dua Sekolah di Kaltara Juara III Nasional

HARUMKAN KALTARA: Perwakilan sekolah dan Puskesmas dari Kaltara yang meraih juara Lomba Sekolah Sehat Berkarakter tingkat Nasional 2019 di Jakarta, Rabu (13/11). (humasprovkaltara)

Jakarta (ANTARA) - Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) kembali menorehkan namanya pada ajang perlombaan tingkat nasional. Dua sekolah di provinsi termuda di Tanah Air ini berhasil meraih juara dalam Lomba Sekolah Sehat (LSS) Berkarakter Tingkat Nasional Tahun 2019. Mewakili Kaltara pada ajang tersebut, adalah TK Hang Tuah Tarakan yang menempati Juara III Nasional jenjang TK kategori Best Achievement atau sekolah dengan kategori pencapaian terbaik, dan SMP Negeri 1 Bunyu Kabupaten Bulungan yang meraih Juara III Nasional pada kategori Best Attitude atau perilaku terhadap sekolah berbasis sehat.

Tak hanya dua sekolah itu, dalam perlombaan yang diprakarsai oleh beberapa kementerian seperti Kementerian Pendidikan Nasional, Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Agama itu, juga menempatkan Puskesmas Bunyu, Bulungan sebagai Juara III kategori Pembina Sekolah dengan Pembinaan Siswa Terbaik jenjang SMP/MTs.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Kaltara Sanusi yang mewakili Gubernur pada malam penganugrahan tersebut mengatakan, sebelumnya hingga ke tingkat nasional, sekolah-sekolah yang mewakili Kaltara ini telah diseleksi di Tingkat Provinsi. Selanjutnya, oleh tim pusat turun ke lapangan untuk menilai secara langsung dan faktual.

Sanusi mengungkapkan, kegiatan ini merupakan bentuk capaian yang tidak lepas dari kerja keras semua pihak dimulai dari Sekolah, Kecamatan, Puskesmas, Dinas terkait, baik di provinsi maupun kabupaten/kota yang telah melakukan pembimbingan dan pembinaan secara intens dan berkelanjutan.Raihan prestasi ini bukan yang pertama kali. Pada 2018 lalu, TK Negeri Pratama Kabupaten Malinau mendapatkan penghargaan Juara III Tingkat Nasional kategori Best Performance.“Lomba ini juga merupakan upaya merangsang tumbuhnya motivasi dan kepedulian masyarakat untuk mewujudkan lingkungan sekolah yang sehat. Sehingga dapat membangun kebiasaan-kebiasaan sehat dilingkungan sekolah dan didalam kehidupan bermasyarakat,” kata Sanusi di Ballroom Kirana, Hotel Kartika Chandra, Rabu (13/11).

Penghargaan LSS Berkarakter Tingkat Nasional Tahun 2019 diserahkan oleh Dirjen Kesehatan Masyarakat mewakili Menteri Kesehatan dan Sekretais Jendral Kemendikbud mewakili Menteri Pendidian Dan Kebudayaan RI. Atas capaian ini Sanusi berharap, sekolah lain dapat mencontoh dalam mengelola sekolah dengan baik, yang berbasis pada lingkungan dan kesehatan. Karena penanaman nilai – nilai hidup bersih dan sehat adalah sangat strategis yang dimulai sejak usia sekolah “Pembinaan Karekter bagi siswa sangat penting dan harus dilakukan sejak dini. Karena ini dibutuhkan untuk mencapai keberhasilan belajar siswa,” tutupnya.

Baca juga: Sungguh membanggakan! 7 Sekolah di Kaltara Raih Adiwiyata Nasional