Uji klinis tahap tiga vaksin China disetujui Komite Etik

id Komite etik,Uji klinik vaksin,Corona

Uji klinis tahap tiga vaksin China disetujui Komite Etik

Komite Etik setujui uji klinis tahap tiga vaksin China

Bandung (ANTARA) - Manajer Lapangan Uji Klinis Vaksin COVID-19 dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad) Dr Eddy Fadlyana mengatakan komite etik telah menyetujui pelaksanaan uji klinis tahap tiga vaksin COVID-19 produksi Sinovac, China, di Kota Bandung, Jawa Barat.

"Ya betul, (sudah disetujui komite etik) kemarin," kata Eddy Fadlyana ketika dihubungi melalui telepon, Selasa.

Dengan adanya persetujuan dari Komite Etik tersebut maka tim akan langsung bergerak melakukan sosialisasi dan pendaftaran calon relawan untuk uji coba tahap tiga vaksin tersebut.

Baca juga:Menanti kabar gembira uji klinis Vaksin Sinovac di Indonesia

Baca juga:Selain China, Indonesia kembangkan vaksin COVID-19 bersama Korsel


"Sosialisasi mulai besok denganleafletdan puskesmas yang menjadi tempat uji klinis vaksin ini. Dileafletitu kami cantumkan nomor WA yang bisa dihubungi jika ada warga yang berminat jadi relawan," kata dia.

Ia mengatakan ke depan pihaknya juga akan melakukan pelatihan-pelatihan terkait uji klinis tahap tiga vaksin tersebut untuk kemudian melaksanakan uji klinisnya.

"Kita harus ke Rektor dulu, kemudian ada pelatihan-pelatihan diperbanyak setelah pelatihan itu cukup baru kita bergerak ke lapangan pada hari pelaksanaan. Perkiraan, pekan ketiga Agustus 2020 mulai bergerak ke lapangan," kata dia.*

Baca juga:Relawan uji coba tahap tiga Vaksin Sinovac China dilindungi asuransi

Baca juga:Perektrutan relawan Vaksin Sinovac China tunggu izin Komite Etik
Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Erafzon Saptiyulda AS