Gubernur Kaltara Gunakan Baju Bulungan Saat Upacara Hari Lahir Pancasila

id Pancasila

Gubernur Kaltara Gunakan Baju Bulungan Saat Upacara Hari Lahir Pancasila

Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang menggunakan baju adat Bulungan dan Wagub Kaltara, Yansen TP menggunakan baju adat Dayak saat menghadiri upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual di ruang rapat kantor Gubernur Kaltara di Jalan Agatis Tanjung Selor, Selasa (1/6). Dokumen Diskominfo Pemprov Kaltara.

Tarakan (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang menggunakan baju adat suku Bulungan saat menghadiri upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual di ruang rapat kantor Gubernur Kaltara di Jalan Agatis Tanjung Selor, Selasa.

Acara tersebut dihadiri pula oleh Wakil Gubernur Kaltara, Yansen TP menggunakan busana adat Dayak.

Tampak dari layar kaca Kepala Negara dan pimpinan lembaga tinggi negara maupun kementerian, pemerintahan provinsi serta kabupaten kota dan lainnya pada peringatan itu mengenakan pakaian adat yang ada di Indonesia.

Presiden RI Joko Widodo selaku inspektur upacara membacakan teks Pancasila. Sementara Ketua DPR RI Puan Maharani membacakan naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dari kediamannya.

Dalam amanatnya, Presiden Jokowi mengajak masyarakat menjadikan Pancasila sebagai pondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Saudara-saudara sebangsa dan seTanah Air menghadapi semua ini perluasan dan pendalaman nilai-nilai Pancasila tidak bisa dilakukan dengan cara-cara biasa. Diperlukan cara-cara baru yang luar biasa," kata Jokowi.

Dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama revolusi industri 4.0.

Selain itu, Jokowi juga mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju yang dicita-citakan.

“Selamat memperingati hari lahir Pancasila. Selamat membumikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ucapnya.

Sebelumnya, dikutip postingan videonya, Gubernur Zainal Arifin Paliwang mengucapkan Selamat Hari Kelahiran Pancasila 2021.

Orang nomor satu di Bumi Benuanta ini juga mengucapkan selamat Seminar Empat Pilar Kebangsaan yang diselenggarakan Taman Bacaan Masyarakat Indonesia yang dilaksanakan oleh Provinsi Kaltara.

"Hidup bangsa Indonesia, saya bangga dengan masyarakat Kaltara, saya bangga dengan pemuda Kaltara," kata Zainal.
Baca juga: Mengenal "PancaMain", pembumian Pancasila lewat permainan tradisional
Baca juga: Hidayat Nur Wahid sebut tidak sulit pahami dan laksanakan Pancasila
Pewarta :
Editor : Susylo Asmalyah
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar