Satpol PP Nunukan galang sinergi antar lembaga agar pilkada aman

id Satpol PP, Nunukan, Pilkada

Satpol PP Nunukan galang sinergi antar lembaga agar pilkada aman

Ilustrasi - Pimpinan Satpol PP Nunukan bersama pimpinan TNI/Polri penyelenggara Pemilu, dan aparatur kecamatan dan desa di Kabupaten Nunukan menggelar rapat koordinasi demi suksesnya Pilkada 2024 di daerah tersebut. (ANTARA/HO-Dokpim Nunukan)

Tanjung Selor (ANTARA) - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Nunukan menjalin sinergi dengan berbagai pihak terkait untuk menciptakan penyelenggaraan Pilkada 2024 aman, tertib, dan lancar.

“Kami optimistis sinergi ini bisa meminimalisir potensi gangguan Kamtibmas dan memastikan kelancaran pesta demokrasi di Kabupaten Nunukan,” kata Kepala Satpol PP Nunukan, Mesak Adiyanto di Nunukan, Senin.

Ia menyatakan, paling mendasar yang dilakukan Satpol PP adalah menjaga keamanan dan ketertiban serta menjaga profesionalisme aparatur penegak hukum tingkat kecamatan.

Satpol PP juga memetakan wilayah rawan gangguan keamanan dan ketertiban umum (Kamtibmas) terkait Pilkada. Ia juga menyatakan komitmen peran aktif Satpol PP pada tiap tahapan Pilkada dengan mengedepankan koordinasi instansi penegak hukum.

“Tak kalah penting juga adalah menjunjung tinggi asas netralitas,” ujarnya.

Ia mengatakan, kerja sama yang kuat bisa mengantisipasi dan mendeteksi dini segala sesuatu yang berpotensi mengganggu ketertiban dan keamanan selama proses pemilu berlangsung.

Mesak berharap hasil rapat koordinasi yang telah dilakukan bersama jajaran KPU, Bawaslu, Camat, Lurah, dan Kepala Desa di Nunukan dapat diteruskan kepada seluruh jajaran dan dikomunikasikan kepada masyarakat.

"Kesimpulannya, kita ingin mengembalikan persiapan, pelaksanaan, dan hasil Pilkada 2024 sesuai dengan aturan yang ditentukan, terutama aturan KPU," tuturnya.

"Baik peserta, tim, maupun masyarakat harus mengikuti aturan yang berlaku. Satpol PP sebagai aparat pemerintah akan selalu berpegang teguh pada peraturan tersebut,” ujarnya.