HUT Gerakan Pramuka, Sekda Pinta Persiapkan Diri Menuju Indonesia Emas 2045

id Pemprov

HUT Gerakan Pramuka, Sekda Pinta Persiapkan Diri Menuju Indonesia Emas 2045

Sekprov Kaltara, Dr H Suriansyah, M.AP menjadi Irup Peringatan Hari Pramuka ke 63 di halaman SMA Negeri 1 Tanjung Selor, Senin (26/8).  (dkisp)

Tanjung Selor (ANTARA) - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Dr. H. Suriansyah, M.AP selaku Ketua Kwarda Kaltara menjadi pembina upacara pada peringatan Hari Pramuka ke-63 di halaman utama SMA Negeri 1 Tanjung Selor, Senin (26/8).

Upacara ini dihadiri kepala dinas di lingkungan pemerintahan Provinsi Kaltara, pemerintah Kabupaten Bulungan, Pengurus Kwarcab ditingkat Kab/Kota Kaltara, dan para anggota pramuka.

Dalam sambutannya, Sekda menyampaikan pesan utama khususnya bagi para kakak-kakak pembina Pramuka untuk memberikan teladan bagi adik-adik binaanya.

“Kepada kakak-kakak pembina, agar kita terus memberikan contoh pendidikan yang terbaik kepada generasi muda kita. Terutama kakak-kakak yang baru mendapatkan penghargaan agar kita menanamkan kehidupan dan kepribadian yang baik sehingga menjadi contoh dan teladan,” pesannya.

Ia juga berpesan kepada peserta upacara untuk meningkatkan pengetahuan umum, keterampilan dan karakter.

“Gerakan Pramuka ini salah satu tujuannya adalah untuk membina karakter adik-adik sekalian. Ketahuilah, adik-adik nantinya akan meneruskan perjuangan bangsa. Karena itu teruslah belajar, mengmbangkan karakter. Bersiplah menjadi penerus bangsa,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Sekda Suriansyah juga menyampaikan amanat tertulis dari Ketua Kwartir Nasional, Komjen. Pol (Purn) Drs. Budi Waseso.

Dikatakan, kegiatan dan Upaya yang dilakukan Gerakan Pramuka adalaha bagian dari kontribusi untu menyongsong Indonesia Emas tahun 2045.

“Karena kami sangat yakin, SDM yang dipersiapkan ileh Gerakan Pramuka merupakan SDM yang berjiwa Pancasila karena dididik dengan Fundamental Value Transformation yaitu pengamalan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka,” katanya.

Dengan begitu, Pramuka akan menjadi aktor penggerak dan pilar kekuatan negara maju dalam menuju Indonesia Emas tahun 2045.

“Tentunya upaya tersebut perlu membangun sinergitas, kolaborasi dab partnership serta komitmen, konsisten maupun konsekuen dari kakak-kakak sekalian dan stakeholder terkait lainnya,” tutupnya.

Dalam peringatan ini, diberikan juga Tanda Penghargaan Orang Dewasa (TPOD) dengan tanda penyematan lencana melati. TPOD ini adalah tanda penghargaan yang diberikan kepada anggota dewasa Gerakan Pramuka, sebagai penghargaan atas kesetiaannya kepada organisasi dan keaktifannya. (dkisp)

Baca juga: Pemprov Dukung Perkembangan Penggiat Mobil Mini 4WD di Kaltara
Baca juga: DPRD - Pemprov Kaltara sepakati tiga Ranperda
Baca juga: Pemprov Kaltara Kembali Raih Prestasi di Ajang Naker Award