Nunukan Siap Gelar Pilkades Serentak

id ,

Nunukan Siap Gelar Pilkades Serentak

Oleh M Rusman

Nunukan, 23/1 (Antara News Kaltara) - Pemerintah Kabupaten Nunukan, Kaltara memprogramkan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak untuk 222 desa yang tersebar pada 16 kecamatan pada 2015.

Hal ini disampaikan Kepala BPM-PD Kabupaten Nunukan, Samuel Padan di Nunukan, Jumat menjawab pertanyaan wartawan pelaksanaan pilkades serentak yang sempat tertunda karena ketiadaan anggaran.

Hanya saja, kata dia, masih menunggu kepastian waktu penyelenggaraannya karena bertepatan pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak sesuai ketentuan enam bulan pilkada atau pilgub tidak dibenarkan ada kegiatan lain pada tingkat lokal.

Sementara penyelenggaraannya pilkades serentak kemungkinan waktu yang digunakan untuk sosialisasi paling singkat empat bulan, ujar Samuel Padan kepada wartawan di Kantor Bupati Nunukan.

Selain itu, sehubungan penyelenggaraan pilkades serentak ini masih menunggu penetapan hasil revisi peraturan daerah (perda) pilkades yang baru akan dibahas di DPRD setempat.

"Kalau revisi perdanya telah disetujui DPRD (Nunukan) langsung melakukan pilkades serentak tersebut," sebut dia lagi.

Samuel Padan juga mengatakan, mengenai pelaksana pilkades serentak ini akan dibentuk panitia pada tingkat kabupaten, kecamatan dan tingkat desa yang akan bertindak sebagai penyelenggara nantinya.

"Mudah-mudahan pada 2015 ini sudah bisa diselenggarakan pilkades serentak karena telah ada anggarannya pada APBD 2015," akunya.

Editor : Iskandar Zulkarnaen
COPYRIGHT © ANTARA 2015