Ganjar Harap Transmigran Jawa Tengah Raih Kehidupan Layak

id ,

Ganjar Harap Transmigran Jawa Tengah Raih Kehidupan Layak

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, melakukan foto bersama Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Triyono Budi Sasongko di lokasi Transmigrasi asal Jateng, beberapa waktu lalu. (dok Humas Pemprov Kaltim)

Tanjung Selor (Antara News Kaltara) Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berharap para transmigran asal Jateng mampu meraih kehidupan yang lebih baik di daerah barunya. Dan kedatangan dirinya meninjau lokasi transmigrasi di Kabupaten Bulungan kali ini, diantaranya untuk memastikan penempatan lokasi transmigrasi tersebut.
"Kawasan di Kabupaten Bulungan cukup luas. Potensinya pun cukup baik, sehingga kehadiran para transmigran diharapkan mampu mengembangkan kawasan tersebut menjadi berkembang. Baik dari sektor pertumbuhan ekonomi, jumlah penduduk, pembangunan, pertanian maupun perikanan juga ikut meningkat," kata Ganjar saat meninjau lokasi Transmigrasi, beberapa waktu lalu.
Ia menyatakan, akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkait dengan lahan yang belum matang pada lokasi penempatan kawasan yang akan ditempati oleh warga transmigran nantinya, sehingga melalui pemerintah pusat akan segera dikoordinasikan dengan Kementerian terkait.
“Saya akan minta bantuan, khususnya ke kementrian pertanian, agar nanti masuknya transmigran dari Jateng dapat bersamaan dengan masuknya program pencetakan sawah, sehingga akan membantu persiapan lahan yang lebih baik,” terang Ganjar.
Dalam kesempatan tersebut, PJ Gubernur Kaltara mendukung penuh pelaksanaan transmigrasi, dengan tujuan utamanya adalah transformasi, keterampilan, pengetahuan khususnya di bidang pertanian. Untuk itu, transmigran tidak hanya datang dari luar daerah namun menggabungkan dengan penduduk asli setempat.
“Tujuannya transformasi sekaligus di dalam rangka pendayagunaan lahan dan pengembangan wilayah, sehingga disana tumbuh sebuah desa, katakanlah embrio desa-desa,” jelas Triyono
Selain itu lanjut Triyono, sebagai upaya untuk menggunakan sumber daya alam yang ada khususnya lahan pertanian yang dapat dikelola secara lebih intensif dan produktif.
“Dengan transformasi, hadirnya para transmigran diharapkan mereka masyarakat lokal yang mempunyai suatu keterampilan dapat menjadi lebih baik dan bekerja sama dengan penuh semangat dalam mengdayagunakan sumber daya yang ada,” tutupnya.