Fenomena sedekah di Hari Jumat

id Sedakah hari jumat

Fenomena sedekah di Hari Jumat

Sedekah hari jumat (ANTARA/iskandar Zulkarnaen)

Tanjung Selor (ANTARA) - Ada pemandangan sedikit berbeda jika hari Jumat di beberapa warung kuliner, yaknipembagian makanan gratis.

Dilaporkan di Tanjung Selor, pekan ini ada beberapa warung yang memberi sedekah(gratis) makanan atau minuman setiap Hari Jumat.

Polanya ada yang hanya memberi gratis satu jika beli empat bungkus atau hanya gratis minuman.

"Setiap amal tergantung niat, dan yang bisa menilai hanya Allah, yang jelas dari interaksi sosial ini sesuatu yang positif untuk saling berbagi, apalagi untuk warga tak mampu tentu bernilai," ujar Rahman, salah seorang warga Tanjung Selorsaat membeli nasi kuning yang memberi gratis minuman jika hari Jumat di Jalan Jeruk.

Sedekahadalah amal yang dianjurkan dalam Islam "Harta seorang hamba tidak akan berkurang karena sedekah.” (HR. Riwayat Tirmidzi, shahih).

Sedangkan keutamaan Jumat sesuai sabda Rasullulah:
"Hari terbaik yang terbit padanya matahari adalah hari Jum’at. Sebab pada hari itu Allah Azza wa Jalla menciptakan Adam as. Dia memasukkan Adam ke surga, pada hari itu ia diturunkan ke bumi dan pada hari itu terjadi kiamat serta pada hari itu terdapat satu masa dimana tidak seorangpun berdo’a kecuali Dia akan mengabulkan do’a itu.”[HR.Muslim].

Allah Subhanahu wa Ta'ala berjanji melipatgandakan “pengganti” sedekah sampai 700 kali simak surah Al-Baqarah ayat 261,
Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah itu, (sedekah-Nya) serupa sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, setiap bulir (terdapat) seratus biji. Allah melipatgandakan pahala bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah mahaluas karunia-Nya lagi Maha Mengetahui".

Sedekah yang jelas tidak membuat orang miskin dan justru berdampak positif bagi interaksi sosial, yang bikin bangkrut adalah judi.