"Power steering" bermasalah, ribuan Tesla Model X ditarik

id power steering bermasalah,Tesla

"Power steering" bermasalah,  ribuan Tesla Model X ditarik

power steering bermasalah (Ant)

Jakarta (ANTARA) - Sedikitnya 15.000 TeslaSport Utility VehicleModel X ditarik dari peredaran (recall) karena masalah yang bisa menyebabkanpower steeringtak berfungsi sehingga meningkatkan risiko kecelakaan.

Sistem bantuan untuk pemutar kemudi yang bermasalah itu bisa menyebabkan kemudi menjadi berat saat digerakkan dan berpotensi memicu terjadinya kecelakaan.

Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS (NHTSA) dan Transport Canada mengatakan baut aluminium yang merekatkan roda kemudi tenaga listrik didukung motor ke rumah roda gigi bisa korosi dan pecah sehingga menyebabkan pengurangan atau hilangnya bantuanpower steeringsepenuhnya.

Penarikan ini berlaku untuk kendaraan Model X tahun 2016. Tesla mengatakan kendaraan yang ditarik termasuk sebagian besar kendaraan Model X yang diproduksi sebelum pertengahan Oktober 2016, tetapi langkah tersebut tidak mempengaruhi kendaraan yang dibuat setelah tanggal tersebut.

Tesla mengeluarkan penarikan serupa pada Maret 2018 untuk 123.000 kendaraan Model S di seluruh dunia yang diproduksi sebelum April 2016 untuk mengganti baut motor bantu kemudi.

Baca juga:"Gigafactory" Jerman akan lahirkan setengah juta Tesla

Baca juga:Tesla tawarkan konten video dan games di dalam mobil mereka


NHTSA mengatakan tidak ada kecelakaan atau cedera yang diketahui terkait dengan penarikan Model X. Penarikan tersebut mencakup 14.193 kendaraan di AS dan 843 di Kanada.

Tesla akan mengatur penggantian baut tersebut dan juga akan mengganti roda kemudi jika diperlukan, kata Transport Canada, seperti dilaporkan Reuters, dikutip Kamis.

Tesla mengatakan telah "mengamati korosi berlebihan pada baut yang menghubungkan komponen ini ke perangkat kemudi di kendaraan Model X yang terkena dampak" dan terutama di daerah dengan iklim sangat dingin.

Tesla mengatakan jika baut gagal itu akan membutuhkan "kekuatan lebih untuk memutar setir, terutama selama manuver parkir kecepatan rendah."

Tesla mengatakan tidak mengetahui adanya cedera atau tabrakan yang berkaitan dengan komponenpower steering.

Tesla menambahkan bahwa pengguna dapat terus mengoperasikan SUV Model X mereka sebelum masalah ini diatasi. Tesla mengatakan akan menghubungi pemilik untuk menjadwalkan janji temu ketika suku cadang tersedia.

Tesla juga akan menambahkan pelindung pencegah korosi di semua kendaraan Model X yang terkena dampak untuk mengatasi masalah itu sehingga aman meski kendaraan dioperasikan di daerah beriklim dingin.

Baca juga:Mobil listrik Tesla akan pakai baterai buatan China

Baca juga:Tesla percepat produksi "crossover" Model Y

Baca juga:Tesla tolak petisi yang paksa pihaknya tarik 500 ribu kendaraan
Penerjemah: Suryanto
Editor: Maria Rosari Dwi Putri