Ada apa jubah Natalie Portman di Oscar ?

id Rose McGowan ,Natalie Portman ,Piala oscar

Ada apa jubah Natalie Portman di Oscar ?

Rose McGowan sebut jubah Natalie Portman di Oscar menyinggung

Jakarta (ANTARA) - Aktivis dan aktor Rose McGowan telah menyebut Natalie Portman sebagai "penipu" karena pada perhelatan Oscar ia mengenakan jubah bersulam nama-nama sutradara wanita yang tidak masuk nominasi Academy Award, termasuk Greta Gerwig dan Lulu Wang.

Dalam sebuah posting di Facebook, McGowan mengatakan Portman telah membuat jenis protes yang mendapat sambutan hangat dari media arus utama. Selain itu Portman dinilainya seperti seorang aktris yang tengah berakting, seolah-olah dia peduli.

Baca juga:Perhiasan paling mahal di karpet merah Oscars 2020

"Saya kira jenis protes yang dilakukan Portman sangat menyinggung pihak-pihak yang sesungguhnya berupaya (untuk Oscar)," kata McGowan.

Dia juga menuduh Portman gagal mendukung sutradara film wanita, baik dengan bekerja dengan mereka atau mempekerjakan mereka melalui perusahaan produksinya.

Pada kenyataannya, TheGuardian melaporkan bahwa perusahaan Portman hanya dua kali memperkerjakan sutradara perempuan (termasuk film yang dia sutradarai sendiri).

Baca juga:Tampil di Oscar, penjualan lagu "Lose Yourself" Eminem naik

Portman dalam sebuah pernyataan kemudian menanggapi kritik tersebut.

"Saya setuju dengan McGowan bahwa tidak tepat untuk memanggil saya 'berani' karena mengenakan jubah dengan sulaman nama-nama sutradara wanita. Berani adalah istilah yang lebih kuat yang saya kaitkan dengan tindakan seperti yang dilakukan para wanita yang telah bersaksi melawan Harvey Weinstein beberapa minggu terakhir, mereka berada di bawah tekanan yang luar biasa," tulis Portman.

Portman kemudian membenarkan bahwa memang hanya beberapa film yang dia buat bersama dengan sutradara perempuan.

"Dalam karir panjang saya, saya hanya mendapat kesempatan untuk bekerja dengan sutradara wanita beberapa kali ... Sayangnya, film-film yang belum saya buat atau yang saya coba buat seperti tidak dianggap," kata Portman.

Perusahaan Portman, Handsomecharlie Films, hingga saat ini telah berpartisipasi dalam pembuatan tujuh film, termasuk komedi romantis "No Strings Attached" dan film bergenrethriller"Pride and Prejudice and Zombies".

Film "A Tale of Love and Darkness" adalah satu-satunya film dari perusahaan Portman yang disutradarai oleh perempuan yang ada di dalam daftar nama di jubah Portman.

Baca juga:Natalie Portman pakai jubah protes di Oscar 2020

Baca juga:Natalie Portman kembali ke film Marvel sebagai Thor

Baca juga:Natalie Portman tolak acara di Israel karena tak suka penindasan di Gaza
Penerjemah: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Suryanto

Pewarta :
Editor : Iskandar Zulkarnaen
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar