OJK dukung penuh gerakan sektor riil di tengah wabah Corona

id Corona

OJK dukung penuh gerakan sektor riil di tengah wabah Corona

OJK dukung penuh pemerintah gerakan sektor riil di tengah wabah Corona

Jakarta (ANTARA) - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengatakan pihaknya mendukung penuh upaya pemerintah dalam memberikan ruang gerak bagi sektor riil.

"Kami tadi juga mengikuti rapat terbatas dengan Bapak Presiden, intinya bahwa kami dari OJK mendukung sepenuhnya bagaimana upaya pemerintah agar sektor riil ini bisa diberikan ruang gerak yang leluasa sambil menunggu meredanya dampak COVID-19," ujar Wimboh dalam konferensi pers bersama di Jakarta, Jumat.

Sebelumnya Presiden menggelar Rapat Terbatas "Kebijakan Moneter dan Fiskal Menghadapi Dampak Ekonomi Pandemi Global Covid-19” di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat.

Baca juga:Pemerintah bersiap hadapi ancaman perlambatan ekonomi akibat Corona

Baca juga:Presiden: Intensifkan penyaluran KUR, eksekusi sebanyak-banyaknya


Dalam Rapat Terbatas itu, Presiden secara khusus meminta OJK fokus kepada kebijakan stimulus ekonomi yang memberikan kemudahan dan keringanan ekonomi kepada kelompok terdampak, terutama UMKM dan sektor informal sehingga produksi berjalan dan tidak terjadi PHK.

Wimboh mengatakan banyak sekali sektor yang sudah secara langsung terdampak wabah Virus Corona baru atau COVID-19, terutama sektor pariwisata, transportasi, dan sektor-sektor lain.

"Ini sudah membuat bukan hanya sektor langsung yang kena dampak, tapi juga sektor-sektor tidak langsung," kata Wimboh.

Baca juga:OJK kumpulkan petinggi perbankan bahas dampak Virus Corona

Dia mengatakan OJK akan berupaya agar sektor keuangan bisa memberikan ruang gerak kepada pengusaha agar bisa bertahan sehingga tidak terjadi pemutusan hubungan kerja atau PHK.

Salah satunya OJK akan memberikan keleluasaan kepada pengusaha untuk bisa dilakukan relaksasi dalam penghitungan manakala terjadinon performing loanatau kredit macet.

Baca juga:Perbankan siapkan antisipasi kredit macet naik, imbas Virus Corona

Baca juga:Presiden Jokowi: Saya minta BI terus fokus jaga nilai tukar rupiah


Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Risbiani Fardaniah