Piala Eropa tetap disebut Euro 2020, meski ditunda akibat COVID-19

id Corona

Piala Eropa tetap disebut Euro 2020, meski ditunda akibat COVID-19

Walau ditunda setahun, UEFA tetap pakai nama resmi Euro 2020

Jakarta (ANTARA) - UEFA mengkonfirmasi akan tetap menyebut kompetisi sepak bola empat tahunan mereka yang sedianya digelar tahun ini dan ditunda setahun karena pandemi COVID-19 dengan nama resmi Euro 2020.

Hal itu diumumkan UEFA melalui akun Twitter resmi mereka, @UEFA, pada Jumat malam WIB.

Baca juga:Euro 2020 diundur setahun

"TERKONFIRMASI: Walaupun akan dilangsungkan 11 Juni - 11 Juli 2021, #EURO2020 akan tetap menggunakan nama UEFA Euro 2020," demikian cuit UEFA.

Dalam langgam cuitan yang sama, UEFA tak menjelaskan banyak alasan keputusan tetap menggunakan nama Euro 2020.
CONFIRMED: Although it will provisionally take place from 11 June - 11 July 2021,#EURO2020will still be known as UEFA EURO 2020.pic.twitter.com/EotvPjLnA9

— UEFA (@UEFA)March 20, 2020

UEFA hanya menegaskan keyakinan mereka bahwa kejuaraan itu akan tetap digelar menggunakan format yang sama dan 12 arena yang sudah disepakati sebelumnya.

"Kami percaya akan tetap menggunakan arena yang sama, memastikan turnamen ini tetap mengusung visi awalnya yakni menggelar ajang yang memang digelar di seantero Eropa," cuit UEFA.

Baca juga:Resmi tunda Euro, UEFA reka ulang jadwal rampungkan liga-liga

Euro 2020 yang sedianya digelar 12 Juni s.d. 12 Juli ditunda penyelenggaraannya setahun berselang demi memberi kesempatan liga-liga domestik dan kompetisi antarklub Eropa musim 2019/20 yang tengah ditunda karena pandemi COVID-19 bisa dirampungkan.

UEFA sebelumnya sudah menunjuk 12 stadion di 12 negara sebagai arena penyelenggaraan dengan Stadion Wembley, London, Inggris sebagai lokasi pertandingan semifinal dan final.

Selain Wembley, 11 arena terpilih lainnya untuk Euro 2020 adalah Allianz Arena (Muenchen, Jerman), Olimpico (Roma, Italia), Stadion Olimpiade (Baku, Azerbaijan), Krestovsky (Sankt Petersburg, Rusia) dan Puskar Arena (Budapest, Hongaria).

Kemudian Arena Nationala (Bucharest, Rumania), Johan Cruijff Arena (Amsterdam, Belanda), San Mames (Bilbao, Spanyol), Hampden Park (Glasgow, Skotlandia), Aviva (Dublin, Republik Irlandia) dan Parken (Kopenhagen, Denmark).

Baca juga:Euro dan Copa America diundur, Piala Dunia Antarklub ikut terdampak
Baca juga:UEFA dan klub sepakat rampungkan kompetisi musim ini pada 30 Juni
Baca juga:Virolog Jerman ragu kompetisi sepak bola berlanjut tahun ini
Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi