PSBB DKI Jakarta belum optimal

id Corona psbb dki

PSBB DKI Jakarta belum optimal

Penerapan PSBB DKI Jakarta belum optimal

Jakarta (ANTARA) - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 sekaligus Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengakui penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta belum optimal.

"Sejak Keputusan Presiden soal PSBB yang dimulai di DKI maka kita dapat mengambil beberapa data dan perkembangan, ada yang positif tapi ada juga yang masih belum optimal," kata Doni Monardo di kantornya di Jakarta, Senin.

Doni menyampaikan hal tersebut seusai mengikuti rapat terbatas dengan tema "Laporan Tim Gugus Tugas Covid-19" yang dipimpin Presiden Joko Widodo melalui konferensi via video di Istana Merdeka.

Penerapan PSBB diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 yang ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 31 Maret 2020.

Provinsi pertama yang menerapkan PSBB adalah DKI Jakarta sejak 10 April 2020 sampai 24 April 2020, namun Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku akan memperpanjang waktu PSBB karena penanganan COVID-19 memerlukan waktu yang lebih lama.

"Yang belum optimal terkait perkantoran dan pekerjaan di pabrik sehingga mengakibatkan moda transportasi masih dipenuhi warga masyarakat," ujar Doni.

Walau ada permintaan dari sejumlah pihak untuk membatasi bahkan membatalkan transportasi publik, ucap dia, tapi Kementerian Perhubungan belum bisa memenuhi karenasebagian besar pekerja di sektor-sektor yang tidak bisa ditinggalkan seperti pekerja rumah sakit, pelayan di fasilitas umum sehingga memang mereka harus tetap bekerja.

Baca juga:Peniadaan ganjil-genap diperpanjang hingga 23 April

Baca juga:Harapan tenaga medis untuk masyarakat cegah COVID-19

Baca juga:Polda Metro Jaya siapkan tim khusus jaga kamtibmas jelang Ramadhan



Berat di pekerja

Bila para pekerja itu tidak bekerja maka mereka akan dianggap bolos dan berisiko untuk dipotong honornya, mengalami pengurangan gaji, atau bahkan terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

"Oleh karena itu kami ajak semua komponen terutama para pemimpin, pejabat, manajer yang mengelola sumber daya karyawan agar menaati aturan pemerintah untuk bekerja, belajar beribadah di rumah," ujarDoni.

Bila masih ada kantor dan pabrik yang tidak sesuai dengan protokol kesehatan maka dapat dikenai sanksi pidana.

"Perkantoran dan pabrik yang tidak sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh protokol kesehatan maka beberapa langkah akan dilakukan mulai dari peringatan, teguran, bahkan sanksi sebagaimana pasal 93 UU No 6 tahun 2018 yaitu manakala terjadi hal yang membahayakan kesehatan masyarakat akan bisa dikenai denda dan sanksi pidana," ujar Doni.

Pasal 93 UU No 6 tahun 2018 tentang Kekarantinaan Wilayah berbunyi "Setiap orang yang tidak mematuhi penyelenggaraan Kekarantinaan Kesehatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (1) dan/atau menghalang-halangi penyelenggaraan Kekarantinaan Kesehatan sehingga menyebabkan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp100 juta".

Pasal 9 ayat 1 berbunyi "Setiap Orang wajib mematuhi penyelenggaraan Kekarantinaan Kesehatan"

"Beberapa hasil rekomendasi yang disampaikan dari pertemuan kemarin malam oleh kementerian dan lembaga yang dikoordinasikan oleh Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi yaitu dengan memasang CCTV di sejumlah pabrik termasuk juga upaya lebih maksimal untuk melakukan sidak di perkantoran," ucapDoni.

Baca juga:Belum ditemukan perusahaan langgar PSBB di Jaksel

Baca juga:Belum ada pengumuman penyetopan KRL Jabodetabek di Stasiun Manggarai

Baca juga:M Taufik dukung KRL stop beroperasi selama PSBB



Ada kemajuan

Meski mengakui PSBB di wilayah DKI Jakarta belum efektif betul tapi menurut Doni sudah ada kemajuan. Halte, stasiun dan terminal, dinilainya mulai berkurang kepadatannya.

"Tapi memang yang masalah di hulu karena masih banyak pekerja yang bekerja di kantor. Ini yang diupayakan dengan cara menghimbau, menegur dan kita harap gugus tugas masing-masing daerah dapat lebih tegas lagi terhadap perusahaan-perusahaan yang belum memenuhi protokol kesehatan," ungkap Doni.

Hingga Sabtu (18/4) sudah ada dua provinsi dan 16 kabupaten dan kota yang mengajukan dan menerapkan PSBB.

Provinsi yang sudah disetujui PSBB-nya oleh Kementerian Kesehatan adalah (1) DKI Jakarta dan (2) Sumatera Barat

Sedangkan kabupaten dan kota yang dibolehkan melakukan PSBB adalah (1) Kabupaten Bogor, (2) Kota Bogor, (3) Kota Depok, (4) Kota Bekasi, (5) Kabupaten Bekasi, (6) Kota Tangerang Selatan, (7) Kota Tangerang, (8) Kabupaten Tangerang, (9) Kota Pekanbaru, (10) Kota Makassar, (11) Kota Tegal, (12) Kota Bandung, (13) Kabupaten Bandung, (14) Kabupaten Bandung Barat, (15) Kabupaten Sumedang, (16) Kota Cimahi.

Sumatera Barat akan menerapkan PSBB pada 22 April 2020 hingga 14 hari ke depan. Kelima daerah penyangga DKI Jakarta itu yakni Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, dan Kota Depok sudah menerapkan PSBB pada 15 April 2020 hingga 29 April 2020.

Sedangkan wilayah Bandung Raya yang terdiri dari Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, Bandung Barat dan Sumedang yang diputuskan akan menerapkan PSBB pada 22 April 2020.

Hingga Ahad (19/4), jumlah positif COVID-19 di Indonesia mencapai 6.575 kasus dengan 686 orang dinyatakan sembuh dan 582 orang meninggal dunia dengan jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) mencapai 15.646 orang dan orang dalam pemantauan (ODP) berjumlah 178.883 orang.

Kasus positif COVID-19 ini sudah menyebar di seluruh 34 provinsi di Indonesia dengan daerah terbanyak positif yaitu DKI Jakarta (3.032), Jawa Barat (696), Jawa Timur (590), Sulawesi Selatan (370), Jawa Tengah (349), Banten (324), Bali (135), Papua (107), Kalimantan Selatan (96), Sumatera Selatan (89), Sumatera Utara (81).

Baca juga:BPTJ: Pengguna KRL dari Bogor turun 85 persen

Baca juga:DPRD Tanjungpinang dan Bintan dorong PSBB di daerahnya

Baca juga:Gugus Tugas dukung empat daerah di Kepri berlakukan PSBB



Infeksi 213 negara

Berdasarkan data dari situs Worldometers, hingga Senin (20/4) pagi terkonfirmasi di dunia ada 2.407.339 orang yang terinfeksi virus Corona dengan 165.069 kematian dan 625.127 orang yang dinyatakan sembuh.

Kasus di Amerika Serikat mencapai 764.265 kasus, di Spanyol 198.674 kasus, di Italia 178.972 kasus, di Prancis 152.894, di Jerman sebanyak 145.742, Inggris sebanyak 145.742, di China 82.747 kasus, di Iran 82.211.

Jumlah kematian tertinggi saat ini terjadi di Amerika Serikat yaitu sebanyak 40.565 orang, disusul Italia yaitu sebanyak 23.660 orang, Spanyol sebanyak 20.453 orang, Prancis sebanyak 19.718 orang, Inggris sejumlah 16.060 orang kemudian Belgia sebanyak 5.683 orang. Saat ini sudah ada lebih dari 213 negara dan teritori yang mengonfirmasi kasus positif COVID-19.*

Baca juga:Kepala BKF: Ekonomi dunia melambat dengan banyak ketidakpastian

Baca juga:WHO tak yakin antibodi beri perlindungan lawan infeksi ulang corona
Oleh Desca Lidya Natalia
Editor: Erafzon Saptiyulda AS