Siapkan Rp 5 M Perlebar Jalan Pelabuhan Tunon Taka

id Pelebaran, Jalan, Pelabuhan,Tunon Taka

Siapkan Rp 5 M Perlebar Jalan Pelabuhan Tunon Taka

Gubernur Kaltara, Dr H Irianto Lambrie saat meninjau rencana pelebaran dan pengaspalan Pelabuhan Tunon Taka, Nunukan, belum lama ini. (humasprovkaltara)

Nunukan (ANTARA) - Ruas jalan di depan Pelabuhan Tunon Taka, Kabupaten Nunukan bakal diperlebar dan diaspal oleh Pemprov Kaltara. Saat ini, eksisting jalan di depan pelabuhan penyeberangan antar pulau milik PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV (Persero) itu sedikit mengalami kerusakan dan belum teraspal.

Gubernur Kaltara Irianto Lambrie mengatakan, ruas jalan di depan pelabuhan itu sudah menjadi kewenangan Pemprov. “Disayangkan jika jalannya masih rusak dan belum beraspal. Karena pelabuhannya sudah sangat bagus sekali setelah direnovasi pemerintah (pusat),” ujar Gubernur, Ahad (2/8). “Dengan perbaikan jalan yang akan dilakukan oleh Pemprov, adalah bentuk sinergi kita. Artinya pelabuhan sudah direnovasi, kita daerah memperbaiki jalannya,” imbuhnya.

Berdasarkan informasi dari Dinas PUPR Perkim Kaltara, Pelabuhan Tunon Taka diguyur Rp 100 miliar dalam proses renovasinya. Adapun untuk perbaikan jalannya, Pemprov Kaltara menyiapkan anggaran dalam APBD berkisar Rp 4,5 miliar sampai Rp 5 miliar. “Tidak terlalu panjang. Hanya 160-an meter. Nanti akan dibuat 4 lajur,” ujarnya.

“Sebetulnya pernah sudah kita anggarkan. Cuma waktu itu permasalahannya terhadap aset milik Pelindo belum tuntas. Sekarang Pelindo menyatakan sudah tuntas. Sehingga nanti ada penyerahan dari Pelindo untuk pelebaran badan jalan,” imbuhnya. Gubernur mengatakan, perbaikan jalan di depan Pelabuhan Tunon Taka akan memberi dampak positif baik secara ekonomi maupun keamanan dan kelancaran transportasi darat transportasi laut sungai. “Selain itu, jalan ini nanti akan nyambung dengan Jalan Lingkar Nunukan,” tutupnya.

Pewarta :
Uploader : Firsta Susan Ferdiany
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar