Teten dan Zainal berkomitmen kembangkan koperasi dan UMKM di Kaltara

id Koperasi

Teten dan Zainal berkomitmen kembangkan koperasi dan UMKM di Kaltara

Gubernur Kalimantan Utara, Zainal Arifin Paliwang bersama Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki melakukan pertemuan di Jakarta, Kamis (18/3). Dokumen Diskominfo Pemprov Kaltara

Tarakan (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Utara, Zainal Arifin Paliwang bersama Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki melakukan pertemuan di Jakarta, Kamis (18/3), menghasilkan beberapa komitmen bersama untuk pengembangan koperasi dan UMKM di Kaltara.

“Saya menyambut gembira komitmen dan semangat Gubernur Kaltara yang baru dalam memperjuangkan kebangkitan koperasi perikanan, udang, rumput laut, batik, kopi di Kaltara. Kami akan beri bantuan pendampingan dan pelatihan untuk perajin batik,” kata Teten.

Dia menjelaskan, pertemuan ini tak lepas dari nawacita Presiden Joko Widodo yang ingin mengembangkan koperasi terlebih budidaya laut.

“Demikian juga dengan sinergitas kami dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk mengembangkan koperasi dengan kekhususan budidaya hasil laut. Dan ini sejalan dengan nawacita Presiden Jokowi,” kata Teten.

Menteri Koperasi dan UKM setuju dan akan mengirim tim ke Kaltara dalam waktu dekat untuk mewujudkan komitmen tersebut.

Dia juga berencana mengunjungi Kaltara untuk meninjau langsung kondisi koperasi dan UKM di lapangan.

Sementara itu, Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang merespon positif kolaborasi yang akan dikerjakan Kementerian Koperasi dan UKM seperti budidaya perikanan.

“Potensi tambak yang dimiliki rakyat seluas 250 ribu hektare menjadi kekuatan besar jika dikelola dengan sentuhan manajemen perkoperasian yang modern,” katanya.

Zainal yakin komitmen yang disampaikan Teten menjadi harapan besar untuk pengembangan produk ekspor dari Kaltara.

Dalam pertemuan yang berlangsung cukup ringkas ini, Teten Masduki didampingi Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM Eddy Satriya serta Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM Riza Damanik.
Sedangkan Gubernur Zainal A. Paliwang didampingi Asisten I bidang Pemerintahan Umum Datu Iqro Ramadhan dan Ketua Tim Sinkronisasi dan Percepatan Program Gubernur-Wakil Gubernur Kaltara Ari Junaedi.

Sementara itu, Ketua Tim Sinkronisasi dan Percepatan Program Gubernur-Wakil Gubernur Kaltara Ari Junaedi berharap Universitas Borneo Tarakan (UBT) menjadi pusat pengembangan inkubator UMKM dan koperasi, sehingga dapat mendayagunakan alumni dan mahasiswa UBT.
Baca juga: Zainal - Yansen Akan Tingkatkan Hasil Kelautan dan Perikanan
Pewarta :
Editor : Susylo Asmalyah
COPYRIGHT © ANTARA 2021