KKM Bone Bulungan Kaltara gelar raker dan silaturahim

id kkmbone,bonebulungan,bone,kaltara

KKM Bone Bulungan Kaltara gelar raker dan silaturahim

Rapat Kerja dan Silaturahmi Dewan Pengurus Kabupaten (DPK) Kerukunan Keluarga Masyarakat (KKM) Bone Kabupaten Bulungan sukses diselenggarakan di Balai Desa Tanah Kuning, Kecamatan Tanjung Palas Timur, Sabtu hingga Minggu dini hari.

Tanjung Selor (ANTARA) - Kerukunan Keluarga Masyarakat (KKM) Bone di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, sukses menyelenggarakan rapat kerja dan silaturahim di Balai Desa Tanah Kuning Kecamatan Tanjung Palas Timur pada Sabtu hingga Minggu dini hari.

"KKM Bone Bulungan sepakat memperkuat kebersamaan untuk membangun daerah Bulungan Kaltara," kata KetuaKKM Bone Kabupaten BulunganH Abidin Patte di Tanjung Selor, Minggu.

Dilaporkan bahwa sejumlah tokoh KKM Bone Kabupaten Bulungan tampak hadir antara lain H Abidin Patte, H Mustafa, masyarakat Bone perantauan, maupun masyarakat bertali darah Bone di Kabupaten Bulungan.

Mereka sepakat dan mempertegas tentang pentingnya keberadaan KKM Bone menjadi "lopi" (bahtera untuk mencapai suatu tujuan mulia yang berlandaskan prinsip masyarakat Bugis Bone, yakni Sipakainge, Sipakatau, Sipakalebbi yang bermakna saling mengingatkan, saling memanusiakan dan saling menghormati satu sama lain).

"KKM Bone sepakat saling mengingatkan akan hal-hal positif di berbagai sendi kehidupan di Kabupaten Bulungan khususnya, di Kalimantan Utara pada umumnya," kata H Abidin Patte.

Ia mengatakan sebagaimana tradisi leluhur, masyarakat KKM Bone memegang teguh prinsip saling memanusiakan, tolong-menolong, tanpa pamrih dan membeda-bedakan suku, ras dan agama. Di Bulungan, biasa disebut "Tenguyun" (bahasa Bulungan) yang bermakna bersama-sama atau bergotong-royong.

KKM Bone juga berkomitmen penuh saling menghormati satu sama lain. Tidak hanya dengan masyarakat Bone semata, tetapi bersama seluruh suku, ras dan agama di Kabupaten Bulungan.

KKM Bone memegang teguh pappaseng/petuah 'Tega wanua maradde', kotonitu makkacue ri ade pangadereng malebbi'na'. Maknanya, 'Di mana bumi dipijak, di sanalah langit dijunjung'.

"Pesan tersebut sejalan dengan prinsip yang tertanam pada setiap perantau dan warga keturunan/berdarah Bone di Kabupaten Bulungan, yakni Sumange Teallara yang bermakna teguh dalam keyakinan, kukuh dalam kebersamaan," ujarnya.

Untuk diketahui, Rapat Kerja dan SilaturahimKKM Bone Kabupaten Bulungan diikuti seratusan warga dan tokoh Bone, baik dari Tanjung Selor, maupun dari desa-desa dalam wilayah Kecamatan Tanjung Palas Timur.

Tetamu hadir seperti Camat Tanjung Palas Timur, perwakilan Polsek Tanjung Palas Timur, serta sejumlah kepala desa dan RT setempat.

Rapat kerja tersebut menghasilkan beberapa poin program yang terbagi atas program tahunan, program rutin, dan program bidang.

Bidangnya, terbagi atas Organisasi Keanggotaan dan Kaderisasi; Pemuda dan Olahraga; Pendidikan dan Kerohanian; Seni, Budaya, dan Pariwisata; Humas dan Teknologi Informasi; serta Sosial dan Pemberdayaan Perempuan.

Merangkai rapat kerja dan silaturahim,KKM Bone menyelenggarakan turnamen bertajuk 'Domino Competition 2022' berhadiah puluhan juta rupiah.

Ajang olahraga tradisional ini berhasil membaurkan berbagai latar belakang masyarakat dalam suasana silaturahim yang hangat dan penuh suka cita.