Gubernur tawarkan Air Asia buka rute baru di Kaltara

id Pemprov

Gubernur tawarkan Air Asia buka rute baru di Kaltara

Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang saat menyambangi kantor maskapai Sekolah Penerbangan milik Global Aviation Flying School yang beroperasi di Bandar Udara Budiarto Tangerang, Banten. ANTARA/HO-DKIP Provinsi Kaltara.

Tarakan (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Utara mengajak Air Asia membuka rute penerbangan baru di Kaltara, hal itu karena cukup tinggi permintaan konsumen untuk menggunakan transportasi udara.

"Hal ini mengingat tingginya animo masyarakat Kaltara yang berpergian ke luar kota menggunakan transportasi udara," kata Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang di Jakarta, Kamis.

Zainal menawarkan maskapai Air Asia untuk membuka rute penerbangan baru di Kaltara, yakni dari Jakarta menuju Tarakan melalui Balikpapan dan ke luar negeri

Selain itu, kepada pihak Air Asia Gubernur juga menyampaikan sedikit mengenai potensi perikanan di Kaltara. Menurutnya potensi perikanan di Kaltara sangat menjanjikan.

“Potensi perikanan di Kaltara cukup bagus. Hasil laut Kaltara seperti kepiting, udang, bandeng itu banyak yang dikirim melalui Tawau, Malaysia baru setelahnya dikirim ke China," katanya.

"Nah, jika Air Asia memiliki pesawat Kargo, dari Jakarta mau ke Hong Kong atau China mungkin bisa landing di Tarakan untuk memenuhi kapasitas kargo,” kata Zainal.

Apalagi saat ini Kaltara sedang bersiap membangun Bandar Udara yang cukup besar, yang panjang landasan pacumencapai 3.600 meter.

“Sudah lama ingin bertemu, selama ini hanya via telepon saja. Semoga pertemuan hari ini, dapat menjadi pertimbangan manajemen Air Asia,” kata Zainal.

Sebelumnya Zainal menyambangi kantor maskapai Sekolah Penerbangan milik Global Aviation Flying School yang beroperasi di Bandar Udara Budiarto Tangerang, Banten, Rabu (29/3).

"Semoga moment ini, awal untuk kita menjalin kerja sama atau bahkan mengadakan Memorandum of Understanding (MoU) dalam bidang penerbangan antara Pemprov Kaltara dengan Global Aviation Flying School,” katanya.

Gubernur bertemu Kepala Kantor Unit Pelayanan Bandara Udara (UPBU), Budiarto Indra Gunawan, Gubernur Zainal berkeliling area bandara hingga menjajal penerbangan menggunakan pesawat latih.

Dia menyampaikan keinginannya agar putri-putri asal Kaltara bisa memiliki kesempatan mengambil pendidikan sebagai pilot, teknisi dan petugas operasi penerbangan.

Usai kunjungan ke sekolah penerbangan, Gubernur Zainal juga menyempatkan diri ke Kantor PT Indonesia AirAsia.