Buka Green Camp III, Gubernur Beri Apresiasi Dan Dukungan

id Pemprov

Buka Green Camp III, Gubernur Beri Apresiasi Dan Dukungan

Gubernur Kaltara, DR (HC) H Zainal A Paliwang, M.Hum menghadiri Green Camp III dan Lomba LIntas Alam se-Kaltara, Sabtu (8/6). (dkisp)

Tarakan (ANTARA) - Gubernur Kaltara Dr.(H.C).H Zainal Arifin Paliwang, M.Hum melanjutkan membuka secara resmi Green Camp III dan Lomba Lintas Alam se-Kaltara. Kegiatan yang digagas Gerakan di Bawah Satu Bendera ini diselenggarakan di Wisata Alam Gunung Selatan yang berlangsung 8-9 Juni 2024.

Hadir bersama Gubernur, Sekretaris Daerah Kota Tarakan Jamaluddin, Kepala UPTD KPH Ridwanto Suma, Perwakilan Polres Tarakan.

Melihat antusias pegiat pecinta alam dari berbagai komunitas, Gubenur Zainal memberikan apresiasi terhadap kepedulian anak muda khususnya di Kota Tarakan terhadap lingkungan.

"Saya sangat senang bisa hadir di tengah-tengah kegiatan ini,tiba di tempat ini. Karena dari setengah enam pagi tadi saya melakukan kegiatan semuanya dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia," katanya, Sabtu (8/6).

Pada kesempatan ini ia mengungkapkan Kaltara memiliki pesona dan kekayaan alam yg besar dengan luas hutan 4,5 juta hektar.

"Kita bersyukur karena kita (Kaltara,red) merupakan salah satu bagian dari paru-paru dunia, dan kita bersyukur hidup di Kaltara karena Tuhan kita dikaruniakan Tuhan serpihan surga," imbuhnya.

Dari sisi pemerintahan, Gubernur meminta agar para generasi muda, komunitas pecinta lingkungan selalu berkolaborasi dan bersinergi bersama pemerintah, baik di kabupaten/kota maupun provinsi.

"Ada hal-hal yang perlu disampaikan mengenai lingkungan, tidak perlu sungkan dan segan supaya dapat disampaikan secara langsung. Baik lisan maupun bersurat," pesannya.

Dan Gubernur memberikan 2 pesan. Pertama, di akhir kegiatan akan ada pelaksanaan penanaman pohon; kedua, adalah menjaga lingkungan tetap bersih serta tidak melakukan aktivitas yang melanggar aturan.

Atas harapan dan masukan dari komunitas pecinta alam, Gubernur juga mendukung kegiatan Green Camp selanjutnya yang direncanakan tidak hanya di Kota Tarakan, tetapi bisa terselenggara di daerah lainnya di Kaltara.

Selain itu, dalam laporannya, ketua panitia penyelenggara Nurjannah Umar, mengatakan kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini adalah bentuk rasa syukur dan terima kasih dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup yang jatuh pada tanggal 5 Juni lalu.

"Saya mewakili teman-teman memiliki harapan besar kegiatan ini dapat menjadi edukasi, motivasi, dan inspirasi dalam gerakan seirama antar generasi yang berkelanjutan," harapnya. (dkisp)

Baca juga: Dari Roadshow TP-PKK Kaltara di Tapal Batas Indonesia (Bagian 1): Perjuangan Anak-anak TKI Tempuh 20km Berjalan Kaki untuk ke Sekolah
Baca juga: Telusuri Goa Karst Batu Putih, Gubernur Sebut Objek Wisata Menakjubkan
Baca juga: Jumatan di Masjid Pemprov, Gubernur Zainal Himbau ASN untuk Selalu Jaga Ketakwaan