Banjir Sungai Kayan Meluas

id ,

Banjir Sungai Kayan Meluas

Banjir meluas sehingga warga menggunakan perahu (Rahadi)

Oleh Rahadi

Tanjung Selor (Antara News Kaltara) - Banjir di wilayah Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara akibat meluapnya Sungai Kayan terus meluas.
Dilaporkan di Tanjung Selor, Selasa bahwa beberapa daerah yang tadinya belum tergenang air kini menjadi kolam raksasa akibat meluasnya banjir tersebut.
Bahkan, beberapa warga tidak bisa lagi berjalan kaki untuk menjangkau rumahnya akibat tingginya genangan air sehingga menggunakan perahu.
"Semoga, di pedalaman Sungai Kayan tidak terjadi hujan karena bisa kian memperparah musibah ini," kata salah seorang warga Tanjung Palas, Rahman.
Dilaporkan bahwa akibat luapan air dari salah satu sungai terbesar di Borneo itu menyebabkan suasana Ibu Kota Kalimantan Utara, Tanjung Selor seperti kolam raksasa akibat luapan air Sungai Kayan yang terjadi sejak tadi malam.
Luapan air cukup tinggi karena sudah hampir merata menggenangi wilayah kota namun terlihat masih pada batas toleransi, artinya warga belum ada yang mengungsi," kata salah seorang warga Kota Tanjung Selor Dt. Iman Suramanggala.
sejak kemarin, sudah terlihat luapan air Sungai Kayan namun tadi malam hanya menggenangi beberapa ruas jalan.
Pj Gubernur Kalimantan Utara Dr Irianto Lambrie sudah menginstruksikan agar jajarannya di bawah koordinasi Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra serta didukung BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) setempat untuk segera mengambil langkah penanganan banjir di provinsi itu.
"Saya sudah memerintahkan Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra serta didukung BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) setempat untuk segera mengambil langkah penanganan banjir tersebut," katanya.
Hal itu diutarakan oleh Irianto terkait luapan air Sungai Kayan yang kini telah menggenangi sejumlah kawasan di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Utara Tanjung Selor.
Ia amenjelaskan bahwa Provinsi Kaltara utk menyiapkan dan mengkoordinasikan langkah-langkah yg diperlukan.
"Mengingat wilayahnya berada di Kab Bulungan, Pemprov Kaltara berkoordinasi dg Pemkab Bulungan atas langkah-langkah penanggulangan yg dilakukan dan diminta atau tdk diminta oleh Pemkab Bulungan," ujarnya.
Pemprov Kaltara akan membantu sesuai dg kewenangan masing-masing. Saat ini Ka BPBD Kaltara sedang mempersiapkan dukungan penanggulangan. Bencana banjir ini memang sedang melanda sebagian besar wilayah di Indonesia, termasuk DKI Jakarta.
Sebelumnya, Hujan dengan intensitas tinggi dalam beberapa hari terakhir di pedalaman Kalimantan Utara menyebabkan luapan Sungai Kayan yang membelah Kota Tanjung Selor dan Tanjung palas sehingga terjadi banjir.