Warga Bulungan Nikmati Supermoon Di Tepian kayan

id ,

Warga Bulungan Nikmati Supermoon Di Tepian kayan

Salah seorang warga Bulungan yang takjub melihat supermoon (Datiz)

Tanjung Selor (Antara News Kaltara) - Warga Bulungan, Kalimantan Utara khususnya yang bermukin di Kota Tanjung Selor dan Tanjung Palas, bisa menikmati fenomena alam supermoon dengan antusias, apalagi udara sangat cerah.
Dilaporkan di Tanjung Selor, Senin malam, suasana Tepian Sungai Kayan cukup banyak dipadati warga baik di Tanjung Selor maupun Tanjung Palas karena antusias warga melihat fenomena ini langka terjadi,
Supermoon malam ini adalah yang terbesar kedua setelah supermoon 68 tahun yang lalu.
Purnama supermoon 2016, kata sejumlah ahli adalah yang terdekat, terbesar, dan paling terang kedua sejak 1948.
Pada 1948 jarak bulan 356.461 km dari bumi, dan pada 2016 jarak bulan adalah 356.500 km dari bumi. Masyarakat bisa membandingkan antara purnama malam nanti dengan purnama biasanya.
Dikatakan bahwa supermoon ini menyebabkan cahaya bulan lebih terang 30 persen dan lebih besar 12 persen karena jaraknya 28.000 Km lebih dekat ketimbang normal.
Puspa Rina salah seorang warga Bulungan mengaku sangat bahagia bisa memiliki kesempatan langka seumur hidup untuk melihat bulan tampak begitu terang dan lebih besar dari biasa.
"Memang tampak lebih besar dan lebih terang, Subhanallah," ujarnya.
Supermoon adalah purnama yang punya ukuran lebih besar ketimbang purnama pada umumnya.
Sebagian warga mengaku tidak tahu jika ukuran dan cahaya bulan malam ini lebih besar dan mengganggapnya purnama biasa.
Sementara warga lain meskipun tidak tahu tentang adanya supermoon namun merasa ada keanehan melihat bulan agak lebih besar dan lebih terang ketimbang biasanya.
Suasana malam di Tepian Sungai Kayan yang permukaan sungai agak tenang karena hembusan angin tidak begitu kencang kian membuat keindahan supermoon yang memantulkan cahaya kuning keemasannya.