Siapkan Prasarana Polda Kaltara, Pemprov Tunggu Keputusan Terbentuk

id ,

Siapkan Prasarana Polda Kaltara, Pemprov Tunggu Keputusan Terbentuk

RAPAT KOORDINASI dan EVALUASI: Rapat staf bersama pimpinan SKPD yang dipimpin oleh Sekprov Kaltara kemarin. Salah satunya membahas mengenai rencana kedatangan tim dari Polri untuk melihat persiapan pembentukan Polda Kaltara. (dok humas)

Tanjung Selor (Antara News Kaltara) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara menunggu keputusan dari pihak Kepolisian Republik Indonesia (Polri), terkait pembentukan Kepolisian Daerah (Polda) Kaltara. Termasuk mengenai penyiapan sarana dan prasarana untuk calon Markas Polda nanti.

“Kita tunggu saja bagaimana keputusan dari Polri maupun Polda Kaltim. Pada dasarnya kita siap. Kalau memang sudah ada keorganisasiannya, kami dari Pemprov siap memfasilitasi untuk pra sarananya. Seperti salah satunya untuk Mapolda sementara,” kata Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltara H Badrun saat memimpin rapat staf bersama seluruh kepala SKPD, Senin (13/02).

Dikatakan, jika harus menunggu pembangunan kantor untuk mapolda, akan cukup lama. Sehingga alternatifnya, akan disiapkan tempat untuk Mapolda Kaltara sementara. “Meski lahan sudah kita siapkan, membangun tidak bisa secepatnya. Apalagi sekarang RTRW juga belum ditetapkan. Makanya alternatifnya, kami siapkan kantor sementara dulu. Sekali lagi, yang pasti kita siap, tinggal pihak KemenPAN-RB dan Polri saja kapan membentuk keroganisasian Polda Kaltara ini,” tandasnya.

Hal ini disampaikan Badrun, setelah mendapat laporan akan kedatangan tim dari Polda Kaltim untuk meninjau kesiapan pembentukan Polda Kaltara. Tim rencananya akan berada di Bulungan selama beberapa hari. Mengenai lahan untuk Mapolda sendiri, Pemprov telah menyiapkan di daerah Kota Baru Mandiri (KBM).

Salah satu lokasi alternatif yang ditawarkan untuk menjadi Markas Polda Kaltara sementara adalah Gedung DPRD Kabupaten Bulungan yang berada di Kilometer (KM) 9 Desa Bumi Rahaya, Tanjung Selor. “Kalau memang sudah siap organisasinya, untuk Mapolda kita siapkan. Ada DPRD kabupaten di KM 9 yang siap. Secara teknis nanti Dinas PU yang menangani. Bisa saja itu. Terminal saja bisa ‘disulap’ menjadi markas Brimob,” katanya memberi ilustrasi.

Sebelumnya, dari Mabes Polri telah menggodok rencana pembentukan dua Polda sejak 2016 lalu. Salah satunya Polda Kaltara. Hanya saja, pihak Polri menunggu keputusan dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN-RB). Karena kewenangan ada di kementrian tersebut. (humas)