Puluhan Rumah Nunukan Terendam

id ,

Banjir menggenangi sejumlah kawasan di Kaltara (datiz)

Oleh M Rusman

          Nunukan (Antara News Kaltara) - Hujan deras dengan intensitas tinggi pada Minggu (3/12) mengakibatkan puluhan rumah warga di Kampung Mamolo Kelurahan Tanjung Harapan Kecamatan Nunukan Selatan Kabupaten Nunukan, Kaltara terendam.

        Marzuki, Ketua RT 01 Kelurahan Tanjung Harapan melalui sambungan telepon, Senin membenarkan, rumah warga dan fasilitas umum terendam akibat hujan yang mengguyur daerah itu.

        Ia mengaku bahwa setiap hujan deras dengan intensitas tinggi pasti banjir karena kadangkala bertepatan dengan air laut pasang dengan ketinggian 30 centi meter.

        Banjir yang merendam rumah warga di wilayah itu mengakibatkan tidak dapat beraktivitas sebagian besar pembudidaya rumput laut itu.     

        "Banjir gampang sekali terjadi karena perkampungan berada di atas laut. Tapi banjir terjadi pada daratan yang tersambung langsung dengan laut," beber Marzuki.

        Staf Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nunukan, Hasan menerangkan, banjir yang merendam sebagian rumah warga di pesisir laut itu telah menjadi langganan banjir setiap musim hujan dengan intensitas tinggi.

        Lokasi banjir tepat berada di dekat masjid jalan masuk perkampungan pembudidaya rumput laut namun cepat surut apabila hujan berhenti. Banjir yang merendam daerah itu tidak menimbulkan kerugian material dan korban karena sifatnya kontemporer saja.
Editor: iskandar zulkarnaen
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar