Nunukan akan berlakukan E-Pas

id pelabuhan Tanon Taka

Nunukan akan berlakukan E-Pas

aktifitas Pelabuhan Tanontaka

Nunukan (Antaranews Kaltara) - PT. Pelindo IV Cabang Nunukan, Kalimantan Utara dalam waktu dekat ini berniat akan memberlakukan karcis masuk pelabuhan menggunakan sistem teknologi yakni pas masuk elektronik (E-Pas).

General Manejer PT Pelindo IV (Persero) Cabang Nunukan Muhammad Ilyas di Nunukan, Sabtu menyatakan bahwa rencana penerapan e-pas tersebut mengikuti perkembangan teknologi dan memudahkan pelayanan.

Namun rencana penerapan kebijakan tersebut masih menuai pro kontra dari masyarakat Kabupaten Nunukan karena dianggap belum sesuai dengan kondisi Pelabuhan Tunon Taka yang minim fasilitas.

Langkah ini juga untuk menghindari kecurigaan penarikan retribusi masuk atau pas masuk pelabuhan yang dilakukan secara manual oleh petugas PT Pelindo IV setempat benar-benar disetor ke kasnya.

Penerapan e-pas untuk wilayah kerja PT Pelindo IV hanya bagi enam pelabuhan saja yakni Pelabuhan Nusantara Parepare, Pelabuhan Tunon Taka Nunukan, Pelabuhan Bitung Sulut, Pelabuhan Ambon, Pelabuhan Balikpapan, dan Pelabuhan Ternate.

Alasannya, keenam pelabuhan di wilayah timur Indonesia ini paling banyak aktivitas penumpangnya sehingga kedepannya akan dibenahi dan dlengkapi fasilitas pendukung.

Keberatan beberapa warga beralasan bahwa harusnya Pelindo terlebih dahulu menyiapkan berbagai fasilitas baru melaksanakan E-Pas.