Kapolda Kaltara luncurkan "warung kamtibmas" Nunukan

id Warung kamtibmas

Oleh M Rusman

Nunukan, (Antaranews-Kaltara) - Kepala Kepolisian Daerah Kaltara Brigjen Pol Indrajit meluncurkan "Warung Kamtibmas" di RT 18 Kelurahan Nunukan Timur, Kabupaten Nunukan, Kaltara.

Peluncuran yang dihadiri Wakil Gubernur Kaltara Udin Hianggio ini berlangsung meriah di Nunukan, Jumat.

Acara juga tampak dihadiri pula sejumlah tokoh masyarakat dan aparat kepolisian.

Indrajit mengutarakan, keberadaan "Warung Kamtibmas" ini sangat bermanfaat dalam rangka meminimalisir tingkat kejahatan dan kriminal di tingkat rukun tetangga (RT).

Ia pun menginginkan, RT lainnya di wilayah kerjanya khususnya di Kabupaten Nunukan dapat membentuk warung semacam itu karena dapat ula menjadi pusat informasi bagi masyarakatnya.

Menyinggung upaya pembentukan warung yang sama di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Kaltara, Kapolda Kaltara mengatakan, akan mengkoordinasikan dengan pemkab/pemkot terlebih dahulu.

"Warung Kamtibmas" ini binaan KSKP (Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan) Polres Nunukan yang dibangun atas swadaya masyarakat. Selain di RT 18 juga telah dibangun di RT 17 Kelurahan Nunukan Timur.

"Pembangunan warung kamtibmas ini murni swadaya masyarakat. Kepolisian hanya menfasilitasi saja dalam hal informasi-informasi yang dibutuhkan." ujar Kepala KSKP Polres Nunukan, AKP Eka Berlin usai peluncuran tersebut.

"Warung Kamtibmas" ini memiliki banyak fungsi seperti tempat siskamling, posyandu, tempat mendapatkan informasi pengurusan paspor, BPJS, kapal pelni dan lain-lainnya.

Kemudian, kata Berlin sapaan Kapolsek KSKP Nunukan, warung ini juga menjadi tempat menyelesaikan (perdamaian) permasalahan warga yang tidak tergolong kejahatan besar seperti perkelahian, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dan perselisihan antar tetangga lainnya.