About Face deteksi manipulatif foto

id About Face

About Face deteksi manipulatif foto

Tampilan aplikasi About Face yang dikembangkan teknisi Adobe untuk mendeteksi foto manipulatif atau foto yang sudah disunting melalui peranti lunak Adobe Photoshop. (Adobe) (Ant)

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah teknisi dalam perusahaan pembuat peranti lunak Adobe mengembangkan aplikasi yang dapat mendeteksi apakah sebuah foto telah melalui tahapan suntingan atau manipulasi.


Aplikasi yang disebut "About Face" itu, seperti dilansir situs The Next Web yang dikutip Kamis, telah dipamerkan dalam konferensi proyek percobaan di Adobe yang disebut "Sneaks".

Pengguna hanya perlu membuka sebuah foto ke dalam aplikasi About Face untuk mendeteksi apakah foto itu telah mengalami perubahan.

Aplikasi itu bukan melihat foto secara keseluruhan seperti sebuah algoritma pendeteksi wajah melainkan melihat piksel per piksel.

Baca juga:Adobe XD kini terintegrasi dengan Dropbox

Baca juga:Photoshop akan hadir di iPad 2019


Langkah pendeteksian setiap piksel itu mampu mengidentifikasi bagian mana dari foto yang diperkirakan telah diubah dari aslinya.

About Face juga dapat menyediakan peta virtual yang menunjukkan piksel-piksel mana saja di dalam foto yang terindikasikan telah mengalami suntingan.

Selain itu, aplikasi itu juga dapat mengembalikan foto ke bentuk aslinya jika telah terdeteksi terdapat piksel yang diubah.

Namun, aplikasi itu tampaknya hanya didesain untuk mendeteksi perubahan foto secara spesifik yang telah dilakukan dengan perangkat Adobe Photoshop. Adope Photoshop memiliki alat pengubah agar piksel foto dapat direngganggkan, diremas, dan di-interpolasi.

Alat pendeteksi foto manipulatif seperti About Face diperkirakan akan menjadi hal yang biasa menyusul peningkatan kekhawatiran terhadap berita palsu, termasuk foto dan video manipulatif.

Baca juga:Adobe tutup kantor riset di Tiongkok

Baca juga:Pembobolan data Adobe ternyata parah sekali
Penerjemah: Imam Santoso
Editor: Alviansyah Pasaribu

Pewarta :
Editor : Iskandar Zulkarnaen
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar