RS BUMN siapkan fasilitas COVID-19

id Corona

RS BUMN siapkan fasilitas COVID-19

Jaringan rumah sakit BUMN siapkan fasilitas penanganan kasus COVID-19

Jakarta (ANTARA) - Jaringan rumah sakit badan usaha milik negara sudah menyiapkan fasilitas pendukung penanganan kasus infeksi virus coronabaru penyebab COVID-19 menurut Direktur Utama Pertamina Bina Medika Indonesia Healthcare Corporation (Pertamedika IHC) selaku operator jaringan rumah sakit BUMN.

"Jika masuk dalam kebutuhan untuk observasisuspect(terduga) pasien dalam pengawasan maka butuh ruangan tekanan negatif. Kita sendiri memiliki 16 ruangan dari seluruh 65 rumah sakit, itu kita sudah siap," kata Direktur Utama Pertamedika IHCDr.dr. Fathema Djan Rachmatdi Jakarta, Jumat.

Beberapa rumah sakit dalam jaringan Pertamedika IHC juga sudah mempersiapkan penambahan kapasitas ruangan isolasi tekanan negatif agar bisa menangani lebih banyak kasus penyakit menular seperti COVID-19.

"Kita juga sedang mempersiapkan proposal apabila dibutuhkan pembangunan ruang tekanan negatif di lapangan, yang apabila dibutuhkan proposalnya sudah siap sehingga jika memang diperlukan kita bisa membangun rumah sakit lapangan yang dilengkapi dengan ruangan tersebut. Kita sudah bersiap sampai sejauh itu," kataFathema.

Selain menyiapkan fasilitas memadai, Pertamedika IHC juga menyiapkan Tim Siaga COVID-19 dan prosedur operasi standar untuk menangani pasien dengan kategori dalam pemantauan dan pengawasan terkait penularan virus corona.

Di samping itu, dalam upaya mendukung pencegahan penularan virus corona, BUMN sektor farmasi seperti Bio Farma telah memulai pengembangan vaksin corona, BUMN sektor gerbang sepertiAngkasa Pura I dan II menyediakan area parkir terisolasi bagi pesawat-pesawat yang tiba dari negara-negara tempat wabah corona, dan BUMN sektor transportasi seperti PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah mengaktifkan kereta klinik dan kereta inspeksi di sejumlah rute.

Baca juga:
Kasus COVID-19 masih bertambah, lima negara laporkan kasus pertama
Pertamedika IHC memulai inovasi untuk sistem pelacakan cepat COVID-19
Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Maryati