Tiga cadangan migas ditemukan di kuartal I 2020

id Cadangan minyak

Tiga cadangan migas ditemukan di kuartal I 2020

Tiga cadangan migas ditemukan sepanjang kuartal I 2020

Jakarta (ANTARA) - Kementerian ESDM mencatat kegiatan eksplorasi minyak dan gas bumi (migas) membuahkan hasil dengan ditemukannya cadangan migas di tiga lapangan sepanjang kuartal I tahun 2020.

Berdasarkan data yang dihimpun Antara di Jakarta, Sabtu dari Kementerian ESDM melansir laporan Satuan Kerja Khusus Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) tentang penemuan cadangan migas tersebut yang diperkirakan mencapai 136,5 juta barel setara minyak (BOE).

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto menjelaskan penemuan tersebut terdiri dari satu temuan cadangan minyak oleh Texcal Mahato setelah menyelesaikan pengeboran sumur eksplorasi PB-2 Blok Mahato sebesar 61,8 juta barel minyak. Selanjutnya, ada penemuan yang diperoleh dari Medco E&P dari pengeboran sumur Bronang-2 sebesar 79 miliar kaki kubik gas (BCFG).

Penemuan Lapangan Bronang menjadi penunjang pengembangan Lapangan Faroel sehingga produksinya bisa mencapai hingga 10.000 barel minyak per hari (BOPD).

Terakhir, Pertamina EP (PEP) yang berhasil menemukan cadangan gas sebesar 333,6 BCFG dari hasil penyelesaian pengerjaan eksplorasi sumur Wolai-002 di Banggai, Sulawesi Tengah. "Saya harap Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) segera mengusulkan proposal Plan of Development," harap Dwi.

Baca juga:Pertamina akan lakukan survei seismik cadangan migas di Kutai Timur

Secara keseluruhan sepanjang Kuartal I 2020, perbandingan antara cadangan migas yang ditemukan dengan yang diproduksi (Reserve Replacement Ratio/RRR) di Indonesia mengalami kenaikan dari bulan sebelumnya.

Hingga 31 Maret RRR Migas di Indonesia mencapai 47,5 juta barel setara minyak. Kenaikan ini tak lepas dari kontribusi penemuan cadangan lapangan di Lapangan OPLL West Natuna terutama di bulan Maret sebesar 6 persen.

Sementara itu Dwi mengakui langkah produksi migas dalam setahun ke depan akan lebih sulit mengingat melandainya pergerakan ekonomi sebagai dampak pandemi COVID-19. "Ke depan lifting migas akan semakin tertekan akibat COVID-19 dan rendahnya harga minyak," kata Dwi.

Dengan kondisi ini, SKK Migas dan Kontraktor KKS memperkirakan adanya penurunan dari sisi pendapatan juga. "Outlook gross revenuejuga turun dari 32 miliar dolar AS menjadi 19 miliar dolar AS," kata Dwi.

Penurunangross revenueini terjadi akibat kondisi harga minyak dan kebijakan perubahan paradigma bahwa sektor migas bukan lagi sebagai sumber pendapatan negara tetapi lebih sebagai penggerak ekonomi.

Baca juga:Kementerian ESDM dorong inovasi tingkatkan cadangan dan lifting migas

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Risbiani Fardaniah