BNPT dorong Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme terbentuk di Papua Barat

id Bnpt,Fkpt,Papua barat

BNPT dorong Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme terbentuk di Papua Barat

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mendorong pembentukan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) di Provinsi Papua Barat.

Manokwari (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mendorong pembentukan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) di Provinsi Papua Barat.

Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat BNPTAndi Intang Dulung pada kunjungan ke Markas Kodam XVIII/Kasuari di Manokwari, Senin, mengutarakan bahwa pembentukan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme sedang didorong di seluruh daerah.

"Dari 34 provinsi di Indonesia tersisa Papua dan Papua Barat yang belum. Untuk itu kami berkoordinasi untuk mendapat dukungan dari semua pihak termasuk dari Kodam XVIII/Kasuari," kata Andi dalam pertemuan bersama Kasdam XVIII/Kasuari Brigjen TNI Ferry Zein itu

Terkait rencana tersebut, kata Intang, pihaknya pun sudah melakukan koordinasi awal dengan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan. Koordinasi juga sudah dilakukan bersama Kapolda Papua Barat Irjen Tornagogo Sihombing.

Dalam kunjungannya ke Papua Barat, Andi meminta dukungan pemerintah daerah serta TNI-Polri di wilayah setempat terkait pembentukan forum tersebut.

Dia mengutarakan Papua Barat masih cukup aman dari gangguan dan aksi terorisme. Kendati demikian upaya pencegahan harus dilakukan.

"Harapan kami ketika forum ini terbentuk, bisa mencegah persoalan terorisme di sini. Kalau misalnya belum tersebar atau belum ada bibit-bibit radikal, maka hal itu harus diwaspadai dan perlu upaya pencegahan,” kata dia.

Dalam kunjungan ini Andi Intang didampingi Kepala Seksi Partisipasi Masyarakat BNPT, Letkol Laut Setyo Pranowo serta beberapa staf BNPT lainya.

Sedangkan Kasdam XVIII/Kasuari didampingi Asisten Intel Kodam XVIII/Kasuari Kolonel Kav Urip Prihatman.

Baca juga: "Perang" deradikalisasi kontra radikalisme di "cyber space"

Baca juga: BNPT dorong perguruan tinggi di NTB cegah terorisme

Pewarta: Toyiban

Editor :Key Tokan A