Satgas: Puncak kasus COVID-19 di Nunukan diprediksi pada Agustus 2021

id satgas covid-19,puncak lonjakan, kasus covid-19, Nunukan

Satgas: Puncak kasus COVID-19 di Nunukan diprediksi pada Agustus 2021

Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Nunukan, Aris Suyono

Nunukan (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 memprediksi puncak kasus positif di Kabupaten Nunukan, Kaltara akan terjadi pada Agustus 2021 jika mengacu pada kasus sebelumnya pada Desember 2020-Januari 2021.

Lonjakan kasus positif pada dua bulan sebelumnya, setelah satu bulan terjadi lonjakan di Pulau Jawa, ungkap Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Nunukan Aris Suyono di Nunukan saat menyampaikan perkembangan kasus COVId-19 di daerahnya, Senin.

"Kalau kita lihat perkembangan kasus COVID-19 bulan Juli (2021) terjadi lonjakan cukup tinggi ya dimana tertinggi sepanjang pandemi COVID-19 di Kabupaten Nunukan," ujar dia.

Mengacu perkembangan kasus sebelumnya pada Desember 2020-Januari 2021 sehingga kejadian pada Juli 2021 ini sebagai awal melonjaknya konfirmasi positif dan puncaknya diprediksi pada Agustus 2011. Sebab pengalaman sebelumnya setelah pulau Jawa dan Bali meningkat maka lonjakan akan terjadi di pulau lainnya.

Oleh karena itu, Aris mengajak masyarakat Kabupaten Nunukan agar waspada karena perkiraan lonjakan akan lebih tinggi lagi pada Agustus 2021.

Ia juga mengingatkan kondisi distribusi kasus positif setiap kecamatan yang cukup tinggi di Kecamatan Nunukan Selatan karena ditemukannya lokasi penyebaran baru yang diketahui, setelah masyarakat berinisiatif memeriksakan diri di Puskesmas terdekat.

Kemudian Satgas Penanganan COVIOD-19 Nunukan juga menemukan penularan pada tingkat komunitas di Kecamatan Seimenggaris, Lumbis, Sembakung dan Tulin Onsoi.

"Penularan pada tingkat komunitas ini sudah memasuki taraf keparahan karena tenaga kesehatan juga sudah banyak yang terpapar," ujar dia.